Breaking News:

Berita Surabaya

Hari Ini Presiden Jokowi Resmikan PSEL di Surabaya, Pengelola Sampah Jadi Listrik Terbesar Nasional

Presiden Jokowi akan meresmikan Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo Surabaya.

bobby Koloway/surya
Suasana Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo Surabaya. 

Reporter : Bobby Koloway | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) akan hadir ke Surabaya, hari ini Kamis (6/5/2021).

Presiden Jokowi akan meresmikan Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo Surabaya.

Selain dihadiri Presiden Jokowi, peresmian juga bakal dihadiri beberapa Menteri. Di antaranya, Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) RI, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, hingga Menteri Sosial RI.

Rencananya, selain meresmikan, Presiden Jokowi juga akan berkeliling ke sejumlah spot PSEL. "Bapak Presiden ingin melihat secara langsung, mulai dari maketnya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Anna Fajriatin.

"Kemudian ada penjelasan singkat terkait pengolahan sampah menjadi listrik ini. Juga kemudian upacara peresmiannya," kata Anna.

Pihaknya juga mengajak Presiden menuju lantai 3 dan lantai 6. Di lantai 3 sendiri, ada proses mesin bekerja mengolah sampah menjadi listrik.

Baca juga: Pemkot Surabaya Targetkan Gasifikasi TPA Benowo Selesai pada Tahun 2019

"Mulai proses mesinnya, jumlah tonase-nya, hingga jumlah listrik yang dihasilkan. Semuanya terlihat di dalam layar," ungkap Anna.

Dari lantai 3 juga dapat melihat langsung suasana di luar area PSEL. Seperti, bagaimana dump truk bekerja mengangkut hingga menurunkan sampah ke waste pit, sebelum dimasukkan ke dalam mesin turbin untuk proses menghasilkan listrik.

"Nah, bagaimana caranya kita bisa melihat listrik itu. Jadi memang, di situ kan ada cerobong, kalau cerobongnya sudah berwarna putih itu berarti pembakarannya sempurna, dan itu menggunakan teknologi yang ramah lingkungan," jelas Anna.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved