Breaking News:

Berita Gresik

Santri Gresik Produksi Minuman Kemasan dari Bunga Rosela

Santri di Kabupaten Gresik memproduksi minuman dari bunga. Mereka memproduksi minuman kemasan 'Sari Rosela'.

Willy Abraham/Tribunjatim
Minuman sari Rosela dari para santri Ponpes Mambaul Ihsan Gresik, Rabu (5/5/2021). 

Reporter : Willy abraham | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Santri di Kabupaten Gresik memproduksi minuman dari bunga. Mereka memproduksi minuman kemasan 'Sari Rosela'.

Cara membuat minuman ini terbilang mudah. Awalnya, bunga rosela dipetik dari pohonnya. Kemudian dilakukan pemilahan, selanjutnya dikeringkan.

Setelah kering, bunga rosela direbus dan dicampur gula pasir serta kayu secang. Untuk menambah daya tarik dikemas dengan menarik.

Pengasuh Ponpes Mambaul Ihsan, Nafisul Atok menuturkan sejak awal bulan ramadhan, para santri sudah memproduksi minuman kemasan tersebut. Total dua ratusan dus yang diproduksi. Satu dus berisi 24 gelas dengan ujuran 120 ml.

Minuman dalam kemasan plastik itu mengalami banyak permintaan karena akan menjadi suguhan lebaran.

"Kami sudah memproduksi hampir 500 dus," terangnya kepada TribunJatim.com.

Dijelaskan lebih jauh oleh Atok, produk minuman ini ada dua varian, untuk Sari Rosela warna merah dijual Rp 30 ribu dan ungu dijual Rp 35 ribu per satu dus.

"Kelebihan minuman ini sendiri menyehatkan karena dari komposisi bahan herbal sehingga antioksidan tinggi dan kaya vitamin C," tambahnya.

Baca juga: Santri Boleh Mudik Lebaran 2021 Masuk Kabupaten Malang? Begini Kata Sekda Wahyu Hidayat

Atok menambahkan, santrinya memang dibekali ilmu berwirausaha. Mulai dari produksi hingga menjual serta strategi bisnis. Hal ini penting agar ketika lulus dari pondok, mereka sudah terampil serta siap menjadi pengusaha.

Dia menyatakan dalam pendidikan formal, para santri mengenyam di sekolah menangah kejuruan (SMK). Nah, produksi Sari Rosela ini berasal dari santri program studi pertanian dan tata boga

"Santri jurusan pertanian yang tanam bunga rosela, dan santri tata boga yang memproduksi minuman ini hingga siap diminum. Bahkan sudah ada PIRT juga sehingga sudah dijual bebas," tutupnya kepada TribunJatim.com.

Beita tentang Santri

Penulis: Willy Abraham
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved