Breaking News:

Berita Banyuwangi

Jangkau Daerah Terpencil, Banyuwangi Gelar Camping Layanan Adminduk Hingga Malam Hari

Pemkab Banyuwangi menggelar camping Pelayanan Adminduk Banyuwangi (Pelangi) melayani pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) hingga malam hari

Surya/Haorrahman
Warga mengurus adminduk di Perkebunan Malangsari, Kalibaru, Banyuwangi, Jumat (7/5) malam. 

Reporter : Haorrahman | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Menjangkau pelayanan publik di daerah terpencil, Pemkab Banyuwangi menggelar camping Pelayanan Adminduk Banyuwangi (Pelangi) melayani pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) hingga malam hari.

Kali ini tim Pelangi menyasar daerah perkebunan Malangsari, Kecamatan Kalibaru, mulai Jumat (7/5) hingga Sabtu (8/5). Tim Pelangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) membuka pelayanan adminduk di PTPN 12 Malangsari dan harus menginap di lokasi.

"Banyuwangi itu luas, banyak masyarakat yang tinggal di daerah terpencil seperti di kawasan perkebunan. Karena itu kami jemput bola datang ke perkebunan mendekatkan pelayanan ke masyarakat," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Haorrahman, Jumat (7/5).

Ipuk menjelaskan warga di kawasan perkebunan ini mulai pagi hingga sore harus bekerja di sawah atau perkebunan. Selain itu banyak warga yang rumahnya jauh dari balai desa atau kantor kecamatan, sehingga membutuhkan waktu yang lama bisa dua atau tiga jam hanya untuk perjalanan mengurus adminduk.

Karena itu Pemkab Banyuwangi menggelar layanan adminduk hingga malam hari, agar banyak warga yang bisa terlayani.

"Warga di sini kalau pagi hingga sore bekerja. Jadi kami buka layanan hingga malam hari. Lokasinya juga kami dekatkan ke pemukiman warga perkebunan," jelas Ipuk.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi Luncurkan Fasilitas Program AKSARA, 9 Ribu Warga Ikuti Pendidikan Kesetaraan

Kepala Dispendukcapil Banyuwangi, Juang Pribadi mengatakan, pelayanan adminduk di kawasan perkebunan ini mulai buka sejak Jumat pagi hingga malam hari, dilanjutkan pada Sabtu pagi hingga sore.

"Hari ini kami buka mulai pukul 08.00 sampai malam hari hingga layanan selesai. Dilanjutkan besok sampai sore," kata Juang.

Warga sangat antusias dengan pelayanan ini. Sejak pukul 08.00 hingga 20.00 telah tercatat 542 pelayanan yang telah dilayani. Bahkan data permohonan layanan yang telah masuk mencapai 942.

"Jumlah itu terus bertambah karena selepas salat tarawih, banyak warga yang datang mengurus adminduk," jelas Juang kepada TribunJatim.com.

Rata-rata mereka mengurus KTP, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), akta kelahiran, akta kematian, dan lainnya.

Juang mengatakan setelah kawasan perkebunan Malangsari layanan ini menyasar daerah-daerah terpencil lainnya.

Menurut mantan Kabag Protokol Pemkab Banyuwangi itu, camping layanan adminduk ini selain menyasar kawasan terpencil, juga mengikuti program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa). Sejak satu hari sebelum pelaksanaan Bunga Desa, tim Pelangi Dispedukcapil telah menginap di desa lokasi Bunga Desa.

Berita tentang Bupati Ipuk

Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved