Breaking News:

Berita Surabaya

Tradisi Mobil Baru Saat Lebaran Dan Stimulus PPnBM Bikin UMC Suzuki Bergairah

Momen lebaran dan stimulus pemerintah berupa insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah diler mobil.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Yoni Iskandar
wiwit/surya
Booth Suzuki saat di pameran road to IIMS Surabaya 

Reporter : Wiwit Purwanto | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Momen lebaran dan stimulus pemerintah berupa insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah diler mobil.

Salah satunya adalah diler mobil Suzuki PT United Motors Centre (UMC). Kedua momen ini dianggap sebagai berkah karena sebagian besar konsumen menjadikan ini sebagai trigger untuk membeli kendaraan.

Di antaranya adalah tradisi membeli mobil baru menjelang lebaran yang sampai saat ini masih belum luntur, menjadi nomor satu dalam pooling sederhana yang dilakukan UMC

Fredy Teguh, Direktur of Sales and Marketing PT United Motors Centre (UMC) main dealer mobil Suzuki wilayah Jatim, pada acara Virtual Bukber UMC bersama media Kamis (05/05/2021), menurutnya masa pandemi telah mengubah kebiasaan dan budaya masyarakat dalam hal pembelian mobil, termasuk menjelang Lebaran.

“Ditambah kebijakan PPnBM untuk mobil baru membuat penjualan mobil di Jawa Timur menjadi naik secara signifikan," ujarnya.

Sejak pandemi, kata Fredy konsep penjualan otomotif mengalami perubahan. Yang biasanya membutuhkan tatap muka antara konsumen dan sales, kini cukup dilayani secara online atau digital.

Ia menyebut penjualan mobil Suzuki di Jatim di tahun 2021 bisa dikatakan kembali normal seperti sebelum pandemi.

Baca juga: Joanna Alexandra Pilu Janji Suaminya Sebelum Wafat Ditepati: Tersedih, Curhat Anak Radit Oloan Haru

"Tahun ini penjualan kami meningkat sekitar 22 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebelum pandemi," jelasnya diamini Yuanita Christanti, Marketing Manager UMC.

Hal senada juga diungkapkan Wiyarso Adiwibowo, Area Sales Manager Jatim PT UMC, ia mengaku optimis program insentif PPnBM dari pemerintah akan meningkatkan gairah pasar otomotif.

"Adanya subsidi PPnBM otomatis membuat daftar harga kendaraan terkoreksi cukup signifikan dari harga normal pabrik dan tentu saja yang diuntungkan adalah konsumen," tukasnya kepada TribunJatim.com.

Tingginya permintaan tersebut berimbas beberapa konsumen yang telah SPK (pemesanan) harus rela menunggu alias inden. Hal ini disebabkan peningkatan permintaan ini terjadi pada skala nasional, tidak hanya di Jatim saja. Meski produksi pabrik sudah digenjot, namun suplai ke masing-masing dealer belum bisa maksimal.

"Untuk tipe Ertiga dan XL7 harus inden, khususnya yang tipe matik. Kami upayakan agar bisa segera terkirim ke konsumen sebelum jangka waktu insentif PPnBM berakhir. Untuk tipe manual, konsumen masih banyak pilihan yang ready. Tipe lain seperti Suzuki Ignis dan Baleno Hatchback ready, apalagi Suzuki Ertiga dan XL7 termasuk dalam daftar kendaraan yang masuk dalam program relaksasi pajak yang digagas pemerintah," tutupnya.

Berita tentang PT United Motors Centre

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved