Breaking News:

Berita Surabaya

Latihan Pendaftaran PPDB Jatim 2021 Dibuka Hari Ini, Berikut Hal yang Perlu Diperhatikan

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jatim mulai hari ini, Minggu (9/5/2021) hingga 19 Mei 2021 membuka latihan pendaftaran.

SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
ILUSTRASI PPDB Jatim 2021 - Agung Rizky Setiawan, alumni SMPN 19 Kota Malang bersama orangtuanya mendapat penjelasan dari guru saat berkonsultasi terkait Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 3 Kota Malang, Kamis (20/6/2019). Agung dan orangtuanya yang mendaftar di SMAN 4 Kota Malang kebingungan mencari sekolah setelah tidak lolos dalam PPDB meski jarak sekolah yang didaftarnya berjarak 1,5 km. 

Reporter: Sulvi Sofiana I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jatim mulai hari ini, Minggu (9/5/2021) hingga 19 Mei 2021 membuka latihan pendaftaran.

Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dindik Jatim, Alfian Majdi menjelaskan latihan pendaftaran ini diperuntukkan agar pendaftar mengetahui proses pendaftaran di beberapa jalur yang disediakan.

Alfian mengungkapkan dalam latihan ini pendaftar bisa mencoba mendaftar di Jalur Prestasi Nilai Akademik (SMA), Jalur Zonasi (SMK), Jalur Zonasi (SMA), dan Jalur Prestasi Akademik SMK.

"Siswa bebas latihan mendaftar di jalur mana saja selama latihan. PIN bisa dipakai berulang kali, tetapi saat sudah habis jadwal latihan hanya bisa memakai PIN untuk sekali pendaftaran,"ujarnya.

Alfian menegaskan hasil latihan ini tidak akan sama dengan hasil pendaftaran asli. Pasalnya bisa saja saat latihan pendaftar tidak memilih sekolah seperti saat pendaftaran asli.

"Hasil latihan tidak bisa menjadi acuan hasil penerimaan PPDB, hanya acuan proses pendaftaran. Data akan kami hapus nantinya saat masa latihan selesai,"tambahnya.

Sementara itu, untuk PPDB Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua (SMA/SMK) dan Jalur Prestasi Hasil Perlombaan/Kejuaraan (SMA/SMK) dikatakan Alfian telah diumumkan Jumat (7/5/2021) lalu. 

Berdasarkan data penerimaan di Kota Surabaya, Jalur Pindah Tugas (SMA dan SMK) untuk perpindahan tugas orang tua, anak tenaga kesehatan dan anak guru dikatakan Alfian dari daya tampung masing-masing jenjang sebesar 391, diterima 303 anak. 

"Untuk Jalur Afirmasi (SMA) yang diperuntukkan Keluarga Tidak Mampu, anak buruh dan disabilitas dari 997 daya tampung, diterima 771 anak. Sedangkan jalur Afirmasi SMK dari 1206 daya tampung, diterima 803 anak,"rincinya.

Kemudian untuk Jalur Prestasi Lomba (SMA) kategori Akademik dengan daya tampung 102, diterima 53 anak. Untuk kategori Non Akademik dengan daya tampung 331,diterima 330 anak.

Sedangkan Jalur Prestasi Lomba (SMK) kategori Akademik dengan daya tampung 125, diterima 10 anak. Untuk kategori Non Akademik dengan daya tampung 245,diterima 223 anak.

Selanjutnya sisa pagu di tahap 1 yang sudah diumumkan akan dialihkan ke Jalur Zonasi (untuk SMA) dan ke Jalur Prestasi Nilai Akademik (untuk SMK).

"Bagi yang sempat mendaftar di jalur Afirmasi dan tidak diterima, tidak perlu unduh PIN dan bisa daftar jalur selanjutnya dengan PIN yang sama,"lanjutnya.

Kecuali PIN yangg dipakai daftar jalur pindah tugas. Jika KK dalam jatim atau KK dari Kab/Kota yg berbatasan langsung dengan jatim, maka bisa mengajukan PIN baru secara online.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved