Breaking News:

Berita Mojokerto

Jelang Lebaran Ribuan Lansia di Mojokerto Divaksin Covid-19, Ini Tujuannya

Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto kembali menerima pasokan vaksin Covid-19 sebanyak 260 Vial

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Ilustrasi vaksin Covid-19 untuk lansia di Mojokerto 

Reporter: Mohammad Romadoni | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto kembali menerima pasokan vaksin Covid-19 sebanyak 260 Vial.

Rencananya, ratusan vial Vaksin Sars-CoV-2 Vaccine (Vero Cell) Innactivated Sinovac ini akan diberikan pada ribuan lansia di Kabupaten Mojokerto. Sesuai kebijakan Pemerintah Pusat lansia menjadi prioritas penerima vaksin Covid-19 tersebut.

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Mojokerto, Langit Kresna Janitra menjelaskan pasokan vaksin Covid-19 akan segera disitribusikan diseluruh Fasilitas Kesehatan (Faskes) yaitu Puskesmas di 18 Kecamatan. Saat ini, vaksin Sinovac masih tersimpan dalam Cool Storage di ruangan Gedung Imunisasi Dinkes Kabupaten Mojokerto.

"Jadi sasaran vaksinasi Covid-19 sebagian diprioritaskan bagi lansia usia diatas 60 tahun," ungkapnya, Senin (10/5/2021).

Baca juga: Terus Bantu Pendidikan Keluarga Mitra Driver, Gojek Membuka Program Beasiswa Tahun Kedua

Langit mengatakan satu vial Vaksin Covid-19 dapat digunakan maksimal untuk 10 orang. Sehingga, jumlah vaksin Sinovac 
yang diterima Dinkes Kabupaten Mojokerto

sebanyak 260 Vial ini perkirakan mencapai 2.600 dosis yang dapat digunakan untuk 1.300 orang/ lansia.

Berdasarkan data Dispendukcapil jumlah lansia yang usianya lebih dari 60 tahun di Kabupaten Mojokerto sebanyak 133 ribu orang. 

"Vaksinasi terhadap lansia sudah berjalan secara bertahap dan lansia yang sudah  divaksin Covid-19 kurang lebih sekitar 1.000 orang," bebernya.

Sasaran utama penerima Vaksin Covid-19 yang diprioritaskan bagi lansia ini bertujuan sebagai langkah antisipasi pencegahan lantaran mereka rentan terpapar Virus Corona. Apalagi, lansia seringkali dikunjungi oleh banyak orang untuk silaturahmi saat momen lebaran.

"Jadwal vaksinasi sepenuhnya dari Faskes Puskesmas masing-masing yang nantinya menyesuaikan dosis dan penerima vaksin Covid-19, karena setiap satu kali vaksinasi atau satu vial minimal 10 orang," ucap Langit.

Menurut dia, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap lansia akan direalisasikan dalam pekan ini. Pelayanan kesehatan tetap beroperasi selama Hari Raya Idul Fitri 2021. 

"Kalau memang ada jadwal dari Faskes Puskesmas bisa melakukan vaksinasi saat lebaran tentunya menyesuaikan jumlah penerima vaksin Covid-19," pungkasnya. (don/ Mohammad Romadoni).

Kumpulan berita Mojokerto terkini

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved