Breaking News:

Majukan Ekonomi Kota Pasuruan, Gus Ipul Launching SI - DUTA dan KURMA Untuk UMKM

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, UMKM itu paling banyak menyerap tenaga kerja dan bisa mengurangi angka pengangguran terbuka.

(Surya/Galih Lintartika)
BANGKIT : Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf saat melaunching SI DUTA dan KURMA. 

Reporter : Galih Lintartika | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) itu paling banyak menyerap tenaga kerja dan bisa mengurangi angka pengangguran terbuka.

Maka dari itu, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus diberi ruang dan wadah agar bisa dikelola dengan baik. Hal itu ditegaskan Gus Ipul saat melaunching SI - DUTA (Sistem Informasi Data UMKM) dan KURMA (Kredit Usaha Rakyat Mandiri), Senin (10/5/2021).

Menurutnya, satu UMKM bisa menyerap tenaga kerja 3 - 6 orang atau bahkan kebih. Semakin banyak UMKM, maka semakin banyak tenaga yang direkrut.

"Sektor ini bisa diandalkan," kata Gus Ipul.

Maka dari itu, ia menyebut, data UMKM ini sangat penting dibuat. Hari ini, ia resmi melaunching SI DUTA. Menurut dia, perlu ada big data UMKM Kota Pasuruan.

Baca juga: Khofifah-Gus Ipul Kunjungi Pasar, Pastikan Stok Sembako Pasuruan Sangat Aman hingga Lebaran 2021

"Ini sangat memudahkan untuk identifikasi UMKM," jelasnya kepada TribunJatim.com.

Selama ini, Kota Pasuruan belum memiliki big data UMKM Kota Pasuruan. Padahal itu penting. Dengan big data, Pemkot bisa mengambil data apapun yang diperlukan atau dibutuhkan.

"Pembangunan itu sederhana. Ada data, ada perencanaan, dan ada pelaksanaan. Semuanya diawali dari data. Kalau datanya berantakan, saya yakin ke belakang pasti akan berantakan. Makanya semuanya diawali hari ini," urainya.

Disampaikan dia, ada dua harapan setelah launching SI DUTA. Pertama, Pemkot Pasuruan memiliki data itu sendiri. Kedua, Pemkot lebih mudah mempromosikan produk UMKM ini. Karena, dari data ini sudah bisa dikategorikan.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved