Breaking News:

Berita Trenggalek

Menjelajahi Keindahan Gua Terpanjang Se-Asia Tenggara di Trenggalek

Gua Lowo di Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek ini diklaim sebagai terpanjang se-Asia Tenggara. Untuk menjelajahinya, perlu usaha yang cukup eks

TribunJatim.com/ Aflahul Abidin
Penampakan Gua Lowo di Trenggalek 

Reporter: Aflahul Abidin | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEKGua Lowo di Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek ini diklaim sebagai terpanjang se-Asia Tenggara. Untuk menjelajahinya, perlu usaha yang cukup ekstra.

Nama gua ini diambil dari nama penghuninya, lowo. Dalam bahasa Indonesia, lowo berarti kelelawar.
Gua ini memang merupakan “rumah” bagi sekumpulan kelelawar yang menggantung di beberapa bagian langit-langitnya.

Gua Lowo bisa didatangi sekadar untuk jalan-jalan, atau sekaligus belajar soal gua. Apabila ingin sekadar jalan-jalan santai, pengunjung bisa separuh dari panjang gua.

“Konon, panjang gua ini berdasarkan catatan sekitar 2 kilometer (km),” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunyoto, merujuk pada hasil beberapa peneliti gua asal luar negeri bertahun-tahun lalu.

Namun dari total panjang itu, hanya sekitar 850 meter (m) yang bisa dijelajahi oleh pengunjung. Untuk menjelajahi sisanya, seseorang harus menyelami sungai yang kedalamannya hingga 10 meter.

Baca juga: Ada Larangan Mudik, Pemkot Blitar Tak Wajibkan Pegawai Isi Absensi saat Libur Lebaran

Nah, menjelajah separuh dari akses jalur yang bisa dilalui sudah cukup bagi mereka yang sekadar ingin bersantai. Sementara bagi mereka yang berjiwa petualang, bisa menyusuri sampai titik paling ujung dekat sungai bawah tanah.

Di dekat jalur paling ujung ini, terdapat juga sarang gerombolan kelelawar. Mulai sore menjelang malam, hewan-hewan ini akan aktif keluar-masuk goa.

“Kalau jam lima sore, sudah mulai kelelawarnya banyak yang keluar-masuk,” kata Suyono, salah satu penjaga wisata Gua Lowo.

Di salah satu titik lain, terdapat juga langit-langit gua dengan lubang yang menganga. Ini memungkinkan pengunjung melihat langit dari dalam gua apabila berdiri tepat di bawahnya.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved