Breaking News:

Berita Malang

Wali Kota Malang Izinkan Salat Idul Fitri, Tapi Harus Sesuai Prokes

Wali Kota Malang, Sutiaji mengizinkan pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri 1442 H yang kemungkinan jatuh pada 13 Mei 2021 mendatang

TRIBUNJATIM.COM/RIFKI EDGAR
Wali Kota Malang, Sutiaji, Senin (3/5/2021). 

Reporter: Rifky Edgar | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Wali Kota Malang, Sutiaji mengizinkan pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri 1442 H yang kemungkinan jatuh pada 13 Mei 2021 mendatang.

Anjuran tersebut disampaikannya setelah berdasarkan zona Covid-19 di tiap zonasi PPKM Mikro di Kota Malang, banyak daerah yang didominasi oleh zona hijau dan zona kuning.

Hal tersebut juga sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam rapat koordinasi PPKM Mikro yang berlangsung pada Minggu (9/5) kemarin.

"Kendati Kota Malang masih berada di zona oranye, namun pelaksanaan salat ied tetap boleh. Karena dasar zonasi yang digunakan bukan zonasi secara keseluruhan namun menggunakan zonasi PPKM Mikro sesuai arahan Ibu Gubernur," ucapnya, Senin (10/5).

Baca juga: Surabaya Berdarah, Bentrok Antar Kelompok Perguruan Silat dan Keamanan Ruko Buntaran

Berdasarkan data yang ada, Kota Malang memiliki 4.132 RT dengan zona hijau dan 141 RT dengan zona kuning.

Itulah yang menjadi dasar Sutiaji untuk mengizinkan pelaksanaan salat ied, asalkan harus dengan catatan protokol kesehatannya yang diperketat. 

Masyarakat juga diimbau untuk dapat melaksanakan salat ied di wilayahnya masing-masing.

"Misalkan bagi warga RW 5, salatnya ya harus di RW 5. Jangan di RW 9. Artinya salat ied di masjid atau musala terdekat," ucapnya.

Selain itu, dalam pelaksanaan salat ied nanti, Pemkot Malang juga akan melibatkan unsur organisasi keagamaan di Kota Malang.

Halaman
12
Penulis: Rifki Edgar
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved