Breaking News:

Larangan Mudik Lebaran

154 Kelurahan di Surabaya Sediakan Tempat Karantina Mandiri Pemudik

154 kelurahan di Kota Surabaya menyediakan tempat dan fasilitas karantina mandiri bagi pemudik yang masih nekat datang ke kampung halaman.

TRIBUNJATIM.COM/FIRMAN RACHMANUDIN
Penyekatan dilakukan kepolisian saat siang hari untuk membatasi kendaraan masuk ke Kota Surabaya dari plat luar kota tanpa tujuan jelas. 

Reporter : Luhur Pambudi | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sejumlah 154 kelurahan di Kota Surabaya menyediakan tempat dan fasilitas karantina mandiri bagi pemudik yang masih nekat datang ke kampung halaman.

Wakil Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh kepala kecamatan (Camat), untuk menginventarisir fasilitas tempat karantina mandiri pemudik.

Seperti Balai RW, kelurahan, atau kecamatan, penginapan maupun kos-kosan.

Hal itu sudah dilakukannya dua pekan menjelang masa peniadaan mudik, sejak Kamis (22/4/2021) hingga Rabu (5/5/2021) kemarin.

Tujuannya, memaksimalkan penerapan kebijakan larangan mudik yang berlaku kurun waktu 12 hari, sejak Kamis (6/5/2021) hingga Senin (17/5/2021).

"Itu masih bagian dari Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 No 13 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri 1442 H dan upaya pengendalian Covid-19 selama Bulan Suci Ramadan 1442 H," ujarnya, Jumat (14/5/2021).

Selain itu, lanjut Irvan, selama berlakunya aturan tersebut, pihak kelurahan wajib memfasilitasi warganya yang membutuhkan dokumentasi administrasi berupa surat izin calon pelaku perjalanan sesuai dengan SE No 13 Tahun 2021 dan Adendum Surat No 13 Tahun 2021.

Baca juga: KBS Jadi Hiburan Warga Tak Bisa Mudik Lebaran 2021 di Sekitar Kota Surabaya, Murah Buat Usir Bosan

Kemudian, pihak kelurahan melalui koordinasi dengan struktur RT dan RW untuk memastikan bahwa setiap orang yang datang memiliki surat izin perjalanan dari daerah asal, selama berlakunya larangan mudik.

Tak hanya menunjukan berkas surat perjalanan. Namun para pemudik yang baru tiba di Kota Surabaya wajib melakukan karantina mandiri kurun waktu lima hari, di tempat-tempat yang telah disediakan oleh pihak kelurahan.

Halaman
12
Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved