Breaking News:

Kombinasi Bisnis Gojek dan Tokopedia (GoTo) Miliki 100 Juta Pengguna Bulanan

Realisasi kerjasama dan kombinasi bisnis Gojek dan Tokopedia alias GoTo memiliki sebanyak 100 juta pengguna bulanan

Editor: Ndaru Wijayanto
Kompas.com/Reska K Nistanto
Kantor Gojek Indonesia di Jakarta 

TRIBUNJATIM.COM - Gojek, platform layanan on-demand dan pembayaran serta finansial terkemuka di Asia Tenggara, dan Tokopedia, perusahaan teknologi dengan marketplace di Indonesia, Senin (17/5/2021) hari ini, resmi mengumumkan pembentukan Grup GoTo.

Grup ini merupakan perusahaan teknologi besar di Indonesia,  sekaligus menjadi ekosistem ekonomi andalan masyarakat dengan menyediakan berbagai solusi untuk menjalani keseharian (“go to” ecosystem for daily life).

Pembentukan Grup GoTo ini merupakan kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga saat ini.

Kombinasi bisnis GoTo menyatukan kekuatan dua perusahaan teknologi terdepan di Indonesia yang menciptakan ekosistem unik dan saling melengkapi secara global dengan 100 juta pengguna bulanan.

Dengan mengombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan, Grup GoTo akan menciptakan platform konsumen digital terbesar di Indonesia, melayani sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga.

Jaringan mitra usaha serta mitra driver di dalam Grup GoTo yang saling melengkapi akan menghadirkan pilihan barang dan jasa yang tak tertandingi, didukung oleh layanan pembayaran digital dan keuangan yang akan semakin mempermudah kehidupan masyarakat sekaligus meningkatkan inklusi keuangan secara signifikan.

Berdasarkan putaran penggalangan dana Gojek di tahun 2019 dan Tokopedia di awal tahun 2020, total valuasi dari kedua perusahaan tersebut mencapai US$18 miliar.

Dengan penyatuan dua kekuatan ini, Grup GoTo akan memiliki Total Gross Transaction Value (GTV) lebih dari US $22 miliar pada tahun 2020, dengan 1,8 miliar transaksi.

Kemudian penggabungan ini juga akan melahirkan dua juta mitra driver yang terdaftar, lebih dari 11 juta mitra usaha (merchant)dan memberikan kontribusi sebesar 2% kepada total PDB Indonesia, dengan asumsi PDB yang lebih dari USD 1 triliun.

Dalam menjalankan bisnisnya, Grup GoTo akan menggarap potensi besar pertumbuhan ekonomi Indonesia - terbesar di Asia Tenggara - yang memiliki segmen kelas menengah yang terus bertumbuh pesat serta populasi muda yang sangat tanggap teknologi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved