Breaking News:

Berita Gresik

Musim Kemarau Petani di Gresik Rebutan Air di Waduk, Petani Berharap Normalisasi Waduk

Petani di Desa Gredek, Kecamatan Duduksampean, Kabupaten Gresik dilarang memanfaatkan air waduk di Desa Sumengko, Kecamatan Duduksampean

Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni Iskandar
istimewa
Tim Bakorwil Bojonegoro meninjau waduk di Desa Sumengko yang airnya menjadi rebutan petani di musim kemarau, Rabu (19/5/2021). 

Reporter : Sugiyono | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Petani di Desa Gredek, Kecamatan Duduksampean, Kabupaten Gresik dilarang memanfaatkan air waduk di Desa Sumengko, Kecamatan Duduksampean. Padahal, air tersebut untuk kelangsungan lahan pertanian, Rabu (19/5/2021).

Kepala Desa Gredek Muhammad Bahrul Ghofar mengatakan, di Desa Gredek, mengatakan, petani di Desa Gredek, Kecamatan Duduksampean terancam gagal panen akibat kekurangan air.

Sementara, warga tidak boleh mengambil air dari waduk Desa Sumengko, Kecamatan Duduksampean.

"Informasinya, petani di Desa Gredek dilarang memanfaatkan air waduk di Desa Sumengko oleh Gapoktan Desa Sumengko," kata Ghofar kepada TribunJatim.com.

Dari permasalahan tersebut, petani Desa Gredek, meminta kepada Desa untuk menormalisasi waduk Sumengko.

"Akhirnya, petugas Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil) Bojonegoro, Pemerintah Provinsi Jawa Timur hadir untuk normalisasi waduk tersebut," imbuhnya.

Dari peninjauan lokasi, ternyata ada kerusakan pada pintu saluran air dan terjadi pendangkalan.

Baca juga: Tanah Tanggul Waduk Kalen Alami Pergerakan Imbas Hujan Deras di Lamongan, Warga Khawatir Jebol

"Semoga, dengan dilakukan perbaikan dan normalisasi waduk oleh Bakorwil Bojonegoro, air waduk dapat melimpah. Sehingga, bisa dimanfaatkan para petani," katanya.

Menurut Ghofar, sekarang ini sektor pertanian harus didukung penuh oleh pemerintah. Sebab, pertanian sebagai swasembada pangan harus dipermudah sarana prasarananya. Diantaranya yaitu kebutuhan air untuk pertanian dicukupi.

"Setelah itu, harga padi saat panen tetap stabil dan pupuk tercukupi," katanya kepada TribunJatim.com.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved