Breaking News:

Berita Kediri

Tim Kemenkominfo Tinjau Lapang Pelaksanaan Smart City di Kota Kediri

Kemenkominfo lakukan peninjauan lapang secara daring pelaksanaan Smart City di Kota Kediri. Beberapa koperasi dan UMKM Kota Kediri jadi responden.

Penulis: Farid Mukarrom
Editor: Hefty Suud
TribunJatim.com/Didik Mashudi
Peninjauan lapang secara daring pelaksanaan Smart City di Kota Kediri.  

Reporter: Farid Mukarrom | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI  - Tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan peninjauan lapang secara daring pelaksanaan Smart City di Kota Kediri

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri Apip Permana, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Herwin Zakiyah, Tim Smart City Kota Kediri, serta OPD terkait yang join melalui Aplikasi Zoom.

Program Smart City di Kota Kediri terdapat 6 pilar, 5 pilar di antaranya dilakukan peninjauan lapang secara daring. 

Kelima  pilar tersebut, meliputi Smart Economy, Smart Branding, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment. Dari masing-masing pilar terdapat beberapa program yang diunggulkan.

Pertama Smart Economy, program-program untuk mendorong pertumbuhan ekonomi seperti UMKM go to marketplace, fasilitas kemudahan akses modal kerja, bansos, padat karya, kartu sahabat dan lainnya. 

Baca juga: Pengawasan Pos Perbatasan Diperketat hingga 24 Mei 2021, Begini Syarat Keluar Masuk Kabupaten Kediri

Pada  peninjauan ini Pemkot Kediri memilih beberapa responden dari koperasi dan UMKM Kota Kediri yang sudah merasakan dampak dari salah satu program yaitu Kredit Usaha Melayani Warga (Kurnia).

Salah satunya adalah Defan Premadita, Pengusaha bidang kuliner ini mengungkapkan, dengan adanya program Kurnia bisa mendapatkan bantuan pengembangan usaha. 

"Alhamdulillah program Kurnia ini sangat membantu, apalagi ditengah pandemi seperti sekarang. Usaha saya sempat merugi hingga 80 persen, tapi dengan bantuan Kurnia saya bisa meningkatkan omset bahkan bisa menambah outlet," ungkap Defan, pengusaha muda saat menjawab pertanyaan dari Hary Febriansyah, fasilitator Smart City Kemenkominfo.

Sedangkan pilar kedua, Smart Society, Kota Kediri juga membuat program english massive, Al Quran massive, Si Jamal, Genibudujari, posko isolasi mandiri, dan lainnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved