Breaking News:

Berita Jember

Jumlah Penumpang KA Turun Drastis Saat Masa Larangan Mudik

PT KAI Daerah Operasi 9 Jember, saat larangan mudik diterapkan pada 6 - 17 Mei kemarin, rata-rata per hari hanya melayani 400 orang penumpang.

sri wahyunik/surya
tampak penumpang kereta api di Stasiun Jember 

Reporter : Sri Wahyunik | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Jumlah penumpang kereta api di masa larangan mudik Lebaran kemarin turun drastis. Berdasarkan data yang diterima Surya dari PT KAI Daerah Operasi 9 Jember, saat larangan mudik diterapkan pada 6 - 17 Mei kemarin, rata-rata per hari hanya melayani 400 orang penumpang.

Padahal jika dibandingkan pada periode 22 April - 5 Mei, KAI Daop 9 Jember bisa melayani penumpang rata-rata 1.200 orang per hari untuk KA Jarak Jauh.

Meski jumlah penumpang terkoreksi, Vice President KAI Daop 9 Jember Broer Rizal menegaskan, pelaksanaan layanan perjalanan non mudik di masa larangan mudik kemarin berjalan lancar.

Dia menegaskan, masyarakat yang diberangkatkan menggunakan KA Jarak Jauh bukan untuk kepentingan mudik. Orang-orang yang dikecualikan tersebut adalah orang yang memiliki kepentingan untuk bekerja, perjalanan dinas, mengunjungi keluarga sakit, kunjungan duka dikarenakan anggota keluarga meninggal, perjalanan ibu hamil, dan kepentingan non mudik lainnya.

Baca juga: 1.389 Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Tiba di Surabaya, PT KAI Tegaskan Bukan Pemudik

"Seluruh pelanggan kami verifikasi berkas-berkasnya terlebih dahulu secara cermat dan teliti. Jika tidak lengkap maka tidak akan kami izinkan untuk berangkat," ujar Broer, Jumat (21/5/2021).

Selama periode 6-17 Mei 2021 terdapat total 321 calon penumpang yang ditolak berangkat dikarenakan berkas-berkas persyaratannya tidak sesuai. Ada yang tidak membawa surat izin perjalanan yang sesuai dan tidak membawa berkas surat bebas Covid-19 yang berlaku.

"Pada masa peniadaan mudik KAI Daop 9 Jember hanya mengoperasikan tiga KA Jarak Jauh per hari. Seluruh operasional kereta api berjalan dengan lancar dan pelayanan baik di stasiun maupun kereta api juga berjalan tertib," ujar Broer kepada TribunJatim.com.

Kini setelah masa peniadaan mudik berakhir, dan digantikan dengan masa pengetatan perjalanan penumpang, PT KAI Daop 9 Jember telah mengoperasikan tujuh KA Jarak Jauh. Semua penumpang KA wajib menyertakan surat keterangan negatif Covid-19.

Berita tentang PT KAI

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved