Breaking News:

Berita Jatim

Jawa Timur Lakukan Penguatan Kerja Sama dengan DKI Jakarta, Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi

Provinsi Jawa Timur melakukan penguatan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Upaya dorong percepatan pemulihan ekonomi.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Hefty Suud
TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
(ki-ka) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan dan Asisten Perekonomian dan Keuangan Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati saat foto bersama. 

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Guna mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui sektor perdagangan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan penguatan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Hal ini sesuai dengan semangat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk semakin memperluas pasar produk lokal dan produk pangan Jawa Timur (Jatim) guna memperkuat ketahanan pangan serta meningkatkan perdagangan antar daerah.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta menyambut baik program yang diajukan oleh Pemprov Jatim.

“Tim Pemprov. Jatim sangat luar biasa dan kami sangat senang sekali terhadap
kesiapannya khususnya seluruh kepala dinasnya hadir dan datang langsung dengan membawa program,” ujar Sri Haryati ketika dihubungi, Sabtu (22/5/21).

Baca juga: Klarifikasi Gubernur Khofifah Terkait Kejutan Ulang Tahun di Grahadi, Begini 11 Faktanya

Sri menambahkan bahwa tindak lanjut temu bisnis yang akan dilakukan antara Pemprov
DKI Jakarta dan Pemprov Jatim akan diupayakan menjadi temu bisnis yang mampu meningkatkan transaksi antar daerah dan muaranya adalah meningkatkan ekonomi nasional.

“Jatim merupakan daerah yang surplus akan komoditi pangannya, sementara kami daerah yang sangat membutuhkan pangan karena 99% pangan kami berasal dari luar daerah. Sehingga data yang surplus ini akan segera kami tindak lanjuti,” tambah Sri.

Selain itu, kata dia, Pemprov DKI Jakarta juga memiliki 3 BUMD yang cukup tangguh dan OPD yang akan mengawal kerja sama yang akan dilakukan, sehingga kedepannya Kerjasama yang dilakukan bisa diperluas tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan pangan namun juga mensejahterakan petani, peternak, dan nelayan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo mengatakan bahwa kerjasama yang akan dilakukan akan saling menguntungkan bagi kedua daerah.

Jatim baik berdasarkan produk pangan maupun holtikultura ataupun produk di lingkup pertanian, perhutanan, perikanan, dan peternakan saat ini dalam kondisi surplus dan cukup untuk memenuhi kebutuhan Pemprov. DKI Jakarta.

Baca juga: Dorong Produk UKM-IKM Naik Kelas, Disperindag Jatim Dukung Industri Perhotelan Jadi Off Taker

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved