Breaking News:

Berita Gresik

Nekat Mudik ke Gresik 'Dihadang Pocong dan Kuntilanak'

Satlantas Polres Gresik berusaha menekan angka penyebaran dengan menghadirkan 'mahluk gaib'.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Yoni Iskandar
Willy Abraham/Tribunjatim
Pocong, kuntilanak di posko check point Exit Tol Kebomas halau para pemudik yang hendak masuk ke Gresik, Jumat (21/5/2021). 

Reporter : Willy abraham | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Pandemi Covid-19 masih belum berakhir, virus yang merenggut nyawa 49 ribu warga Indonesia masih belum sepenuhnya sirna.

Satlantas Polres Gresik berusaha menekan angka penyebaran dengan menghadirkan 'mahluk gaib'.

Hal ini untuk guna mencegah kenaikan angka kasus Covid-19 di Kabupaten Gresik, penyekatan pada sejumlah kendaraan yang melintasi pos chekpoint di exit Tol Kebomas di Jalan Wahidin Sudiro Husodo.

Para pengendara pun kaget, melihat hantu jenis pocong, kuntilanak hingga pria berbadan hijau. Terutama pengendata berasal dari luar kota dengan tidak melengkapi surat kesehatan dan lain sebagainya.

Baca juga: 101 Kendaraan Pemudik Putar Balik Hari Ini di Wilayah Gresik, Ada Pemudik Positif Covid-19

Dalam pemeriksaan tersebut dilakukan pengecekan asal dan tujuan, kelengkapan persyaratan perjalanan disertai pelaksanaan tes swab dan rapid tes bagi para pengendara asal luar kota yang akan memasuki wilayah Kabupaten Gresik.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto melalui Kasatlantas Akp Yanto Mulyanto mengaku sengaja menghadirkan beberapa sosok hantu. Tujuannya untuk mengingatkan ke pada masyarakat bahwa Covid-19 masih ada.

Masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan penyekatan dan melakukan swab dan rapid tes terhadap para pemudik arus balik dapat mencegah kenaikan kasus Covid-19.

"Kegiatan ini merupakan bentuk antisipasi terjadinya penularan covid-19 diwilayah Kabupaten Gresik dan kami mendatangkan pocong dan kuntilanak, ada petugas menggunakan APD lengkap melakukan pemeriksaan dengan termo gun. Serta rapid antigen, hasilnya para pengendara tidak ada yang reaktif," ucapnya kepada TribunJatim.com.

Yanto menambahkan, respon dari kegiatan tadi bagi pengendara jalan ataupun penumpang kendaraan umum banyak yang teredukasi dan kembali menjadi pengingat bahwa Covid-19 masih ada.

"Para pengendara dan penumpang sempat kaget tiba - tiba di berhentikan dan ada sosok hantu yang mendekat sambil membawa masker untuk diberikan ke pengendara yang tidak menggunakan masker, " terangnya.

Penyekatan juga dilakukan di pos check point lainnya, kata Yanto, seperti pagi dan berlanjut sore hari. Hari ini diadakan rapid antigen terhadap 10 orang pengendara pengguna jalan (asal luar kota).

"Ada 10 orang pengendara yang dilakukan tes rapid antigen dan hasilnya negatif" pungkasnya.

Masyarakat wajib disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

Berita tentang Gresik

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved