Breaking News:

Berita Madura

Desainer Embran Nawawi Kenalkan Karya Busana Terbarnya, Angkat Sosok Madura Sakera dan Marlena

Desainer Nasional, Embran Nawawi mengenalkan busana karya terbarunya. mengangkat busana daerah dari madura yang cukup ikonik yaitu 'SAKERA dan MARLENA

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa/TribunJatim
Busana MARLENA dan SAKERA karya Desainer Nasional, Embran Nawawi. 

Reporter: Kuswanto Ferdian I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Desainer Nasional, Embran Nawawi mengangkat busana daerah Madura sebagai karya busana terbarunya.

Karya terbaru busana desainer asal Surabaya ini mengangkat busana daerah dari madura yang cukup ikonik yaitu 'SAKERA dan MARLENA'.

Desainer yang akrab disapa Embran ini mengatakan, sejak dahulu kala, di berbagai televisi nasional, busana pria Sakera itu dikenal dengan pakaian 'Tukang Sate'.

Menurut dia, busana Sakera ini sempat dipakai Miss Grand Indonesia di ajang International. 

Selain itu, busana Marlena yang kerap dikenal dengan busana tukang rujak ini dalam beberapa peran di sketsa menjadi drama. 

"Saya mulai dengan busana Marlena yang memang masih dikenakkan oleh wanita Madura dalam beberapa perayaan budaya baik di Madura itu sendiri maupun di luar Madura," kata Embran kepada TribunJatim.com, Senin (24/5/2021).

Menurut Embran, busana yang biasa dipakai perempuan Madura terdiri dari kebaya berwarna merah dengan kain batik yang dekanakan sekananya juga berwarna merah. 

Busana ini, biasanya dilengkapi dengan sanggul teleng atau sanggul miring, Binggel atau gelang kaki, Dinnar atau peniti emas berbentuk uang dinar, dan Gibang atau Giwang yang juga terbuat dari emas. 

"Gaya busana daerah seperti ini kemudian saya rubah tanpa mengurangi esensi dari gaya Marlena tersebut dengan membuat kain Batik Merah yang saya buat mengembang dan berekor," jelas Embran.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved