Muncul Info Jumlah Kuota Peserta Ibadah Haji 2021, Kemenag dan Dubes RI Kuak Kondisi Asli: Belum Ada

Baru-baru ini beredar informasi di media sosial yang menyebutkan tentang jumlah kuota peserta Haji 2021.

Abdel Ghani BASHIR / AFP
ILUSTRASI - Area Mataf Masjidil Haram dibuka kembali setelah sempat ditutup sementara untuk dilakukan sterilisasi. Upaya itu dilakukan demi mencegah mewabahnya virus corona. 

Editor: Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM - Akibat masa pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, keberangkatan haji hingga kini masih menunggu informasi yang jelas dari pemerintah.

Baru-baru ini beredar informasi di media sosial yang menyebutkan tentang jumlah kuota peserta Haji 2021.

Informasi tersebut, satu di antaranta, diunggah di Twitter oleh akun @HaramainInfo, Minggu (23/5/2021).

"Kabar Haji Total hanya 60.000 jemaah dari seluruh negara yang diperbolehkan berangkat Haji tahun ini 2021/1442 Alokasinya 45.000 jemaah dari luar Arab Saudi dan 15.000 jemaah dari dalam Arab Saudi Informasi tersebut dirilis dalam bentuk dokumen 9 halaman," demikian unggahan @HaramainInfo (diterjemahkan ke bahasa Indonesia).

Baca juga: Jika Ibadah Haji 2021 Tak Bisa Digelar, Antrean Calon Jemaah Haji Kota Malang Bakal Semakin Panjang

Jemaah Luar Saudi

Konfirmasi Dubes RI untuk Arab Saudi Ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut, Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, belum ada pengumuman resmi dari otoritas Arab Saudi terkait teknis pelaksanaan Haji 2021, termasuk jumlah kuota jemaah.

"Yang jelas, pemerintah Kerajaan Arab Saudi sampai hari ini belum mengumumkan teknis pelaksanaan Haji 2021," kata Agus saat dihubungi Kompas.com ( grup TribunJatim.com ), Senin (24/5/2021).

Agus menambahkan, pihaknya selalu memantau dan berkomunikasi dengan otoritas Arab Saudi terkait teknis penyelenggaraan Haji 2021.

"Kami selalu monitor dan komunikasi dengan otoritas Saudi. Akan kami infokan jika sudah ada pernyataan resmi dari kerajaan," ujar Agus.

Sementara itu, Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag RI) Khorizi, mengaku belum menerima informasi resmi terkait kuota jemaah haji 2021.

Baca juga: Cara Melihat Fenomena Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021, Ini Link dan Daftar Wilayah untuk Menyaksikan

ILUSTRASI - Ratusan ribu jemaah haji melaksanakan shalat Ashar, saat seratusan jamaah yang mengalami cacat tubuh mengelilingi Kakbah melalui jembatan yang dibangun khusus untuk para penyandang cacat di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Selasa (8/10/2013).
ILUSTRASI - Ratusan ribu jemaah haji melaksanakan shalat Ashar, saat seratusan jamaah yang mengalami cacat tubuh mengelilingi Kakbah melalui jembatan yang dibangun khusus untuk para penyandang cacat di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Selasa (8/10/2013). (AFP/FAYEZ NURELDINE)

"Jika benar bahwa Saudi membuka pemberangkatan haji 1442 H untuk jemaah dari luar negaranya, meski kuotanya terbatas, tentu ini harus kita syukuri. Alhamdulillah, karena jemaah Indonesia juga sudah menunggu lama, apalagi tahun lalu juga tertunda," kata Khoirizi, dikutip dari laman Kemenag, Senin (24/5/2021).

"Namun demikian, sampai saat ini kami belum menerima pemberitahuan secara resmi tentang dibukanya pemberangkatan bagi jemaah di luar Saudi," kata Khoirizi melanjutkan.

Khoirizi memastikan Ditjen PHU terus berkoordinasi dengan perwakilan Indonesia di Arab Saudi untuk mendapatkan perkembangan informasi resmi dari Khadimul Haramain.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved