Breaking News:

Berita Kabupaten Madiun

Guru dan Siswa SMK Model PGRI I Mejayan Madiun Berhasil Olah Porang Jadi Makanan Siap Santap

Guru dan siswa SMK Model PGRI I Mejayan Madiun berhasil mengolah porang menjadi makanan siap santap. Begini caranya!

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/RAHADIAN BAGUS
Sejumlah siswa dan guru SMK Model PGRI I Mejayan Madiun, membuat inovasi olahan makanan berbahan porang, Selasa (25/5/2021). 

Reporter: Rahadian Bagus | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Kabupaten Madiun dikenal sebagai sentra porang. Setidaknya ada sekitar 5000 hektare perkebunan porang di Kabupaten Madiun.

Namun, selama ini petani menjual porang dalam bentuk mentah ke para tengkulak, kemudian dijual ke pabrik, kemudian dipotong dan dikeringkan menjadi chip untuk dijual ke luar negeri

Padahal, apabila porang sudah diolah menjadi bahan pangan jadi, bisa memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi.

Berangkat dari permasalahan tersebut, sekelompok siswa dan guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Model PGRI I Mejayan, Kabupaten Madiun, membuat inovasi.

Mereka mengolah umbi porang menjadi berbagai produk dan makanan yang layak dikonsumsi.

Kepala SMK Model PGRI I Mejayan, Sampun Hadam, mengatakan porang bisa menjadi potensi yang layak dikembangkan. Apalagi, saat ini banyak petani di Madiun yang menanam porang.

Sampun mengatakan, selama ini petani lebih memilih menjual umbi porang kepada tengkulak. Para petani di Madiun belum mengetahui cara mengolah umbi porang.

Selama ini, petani tidak berani mengolah umbi porang karena takut gatal dan keracunan. Oleh sebab itu, pihaknya membuat inovasi olahan makanan berbahan umbi porang yang mudah dan bisa dipelajari. 

“Awalnya karena keprihatinan. Di Madiun porang ini melimpah, tapi selama ini para petani tergantung pada pabrik, dijual ke tengkulak, kemudian ditampung pabrik,” kata Sampun, Selasa (25/5/2021).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved