Breaking News:

Berita Mojokerto

Ikfina Dorong Produk IKM Lokal di Mojokerto Tembus Luar Negeri

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati gencar mendorong pemasaran produk Industri Kecil Menengah (IKM) lokal dapat tembus hingga Luar Negeri

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Januar
TribunJatim.com/ M Romadoni
Ikfina Fahmawati dorong IKM Mojokerto 

Reporter: Mohammad Romadoni | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati gencar mendorong pemasaran produk Industri Kecil Menengah (IKM) lokal dapat tembus hingga Luar Negeri.

Ini diungkapkan Ikfina saat melepas secara simbolis kontainer yang mengangkut 400 unit furniture hasil IKM dari Kecematan Jetis, Kabupaten Mojokerto yang akan diekspor ke Negara Korea Selatan.

"Peluang bagi IKM Kabupaten Mojokerto hasil produksi lokal dapat diterima pasar Luar Negeri apalagi dalam kondisi masih Pandemi di mana segala sektor berupaya melakukan pemulihan ekonomi," ungkap Ikfina, Jumat (28/5/2021).

Ikfina mengatakan Pemerintah Daerah menyadari berbagai macam persoalan oleh pelaku IKM dalam produksi maupun pemasaran di tengah situasi Pandemi Covid-19 seperti ini.

Permasalahan yang dihadapi IKM saat ini cukup berat mulai penurunan beli masyarakat sehingga berdampak terhadap pendapatan pengusaha IKM khususnya disektor furniture mebel. 

Apalagi kondisi pasar kini tidak menentu mengakibatkan efek domino yang semakin memperberat beban pelaku IKM di Kabupaten Mojokerto dalam persaingan dagang lokal maupun Internasional.

"Kami mendapat masukan terkait masalah yang dihadapi oleh pelaku IKM karena kesulitan memasarkan produknya saat rapat koordinasi strategi pemulihan ekonomi pasca Covid-19 sehingga ini akan menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Daerah," jelasnya.

Baca juga: 162 Pekerja Migran Asal Tuban Pulang, Dinas: Mereka Pulang Lebaran

Pihaknya berharap dibukanya kemitraan perusahaan pengekspor dengan IKM ini nantinya dapat menjadi solusi terbaik memasarkan produk-produk lokal.

Selain itu, Pemerintah Daerah dan sejumlah pembangkit ekonomi di Kabupaten Mojokerto dapat memberikan pengalamannya dalam dunia ekspor untuk memotivasi pelaku IKM agar meningkatkan kualitas dan kuantitas produk lokal sehingga mampu bersaing di pasar nasional maupun Luar Negeri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved