Breaking News:

Berita Kota Blitar

Peringatan Bulan Bung Karno dan Grebeg Pancasila di Kota Blitar Digelar Sederhana, Patuhi Prokes

Peringatan Bulan Bung Karno dan Grebeg Pancasila di Kota Blitar digelar secara sederhana, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/SAMSUL HADI
Suasana peziarah di Makam Bung Karno, Kota Blitar, Rabu (26/5/2021). Biasanya, menjelang peringatan Bulan Bung Karno banyak warga berziarah di Makam Bung Karno. 

Reporter: Samsul Hadi | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Kegiatan perayaan Bulan Bung Karno dan Grebeg Pancasila di Kota Blitar tahun ini akan dilaksanakan secara sederhana, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 (virus Corona). 

Sejumlah kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan dalam memeriahkan perayaan Bulan Bung Karno dan Grebeg Pancasila untuk sementara ditiadakan.

"Perayaan Bulan Bung Karno dan Grebeg Pancasila tahun ini kami laksanakan secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan karena masih pandemi," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono, Jumat (28/5/2021).

Sekadar diketahui, Bulan Bung Karno dan Grebeg Pancasila dilaksanakan untuk memperingati hari lahir dan wafatnya Presiden pertama RI Ir Soekarno serta memperingati Hari Lahir Pancasila tiap bulan Juni. 

Pemkot Blitar biasanya mengadakan sejumlah kegiatan dalam satu bulan penuh untuk memeriahkan Bulan Bung Karno dan Grebeg Pancasila.

Ada berbagai kegiatan rutin yang digelar untuk merayakan Bulan Bung Karno dan Hari Lahir Pancasila.

Antara lain, kegiatan Grebeg Pancasila yang biasa dilaksanakan tiap 1 Juni. Rangkaian acara Grebeg Pancasila ini dimulai dari kirab pusaka, upacara, kirab gunungan tumpeng, dan pawai budaya.

Kirab gunungan tumpeng biasanya dilakukan setelah upacara Hari Lahir Pancasila. Gunungan tumpeng diarak dari Alun-alun menuju ke Makam Bung Karno.

Baca juga: Satgas Covid-19 Cek Prokes Pengunjung Makam Bung Karno Kota Blitar di Hari Libur Waisak

Pada 6 Juni, diadakan selamatan di Istana Gebang, rumah keluarga Bung Karno untuk memperingati hari lahir Bung Karno.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved