Breaking News:

Berita Kota Malang

Berdayakan Lansia, Pemkot Malang Gencarkan Pemberian Rantang Kasih Setiap Hari

Berdayakan para lansia, Pemkot Malang gencarkan pemberian rantang kasih berupa makanan siap saji, setiap hari.

Penulis: Rifki Edgar | Editor: Dwi Prastika
SURYA/BENNI INDO
Difabel dan lanjut usia (lansia) di Kota Malang menerima bantuan sembako dari Pemkot Malang, dalam hal ini diwakili oleh Dinas Sosial Kota Malang, Rabu (7/11/2018). 

Reporter: Rifki Edgar | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemberdayaan kepada lansia terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang untuk menuju kota ramah lansia.

Sejumlah progam pun kini telah digagas oleh organisasi perangkat daerah (OPD) kepada para lansia.

Seperti di Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang, pemberdayaan kepada lansia ini dibagi menjadi dua bidang, yakni bidang rehabilitasi dan bidang pemberdayaan.

Sejumlah program telah digagas untuk mensejahterakan para lansia di Kota Malang. Satu di antaranya ialah program rantang kasih yang diberikan kepada para lansia.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos P3AP2KB Kota Malang, Djuwita Wahanani, mengatakan, program rantang kasih ini diberikan kepada lansia yang sudah tidak bisa hidup bersosial karena faktor umur dan lain sebagainya.

Baca juga: Malang Menuju Kota Ramah Lansia, Wali Kota Sutiaji Proyeksikan Pembangunan Taman Bagi Lansia

Pemberian rantang kasih, yang berupa makanan siap saji ini diberikan setiap dua kali sehari selama 12 bulan. Pemberian makanan tersebut dilakukan oleh Puskesos yang ada di masing-masing kelurahan. 

"Jadi para lansia yang tidak bisa bersosial, baik itu orang mampu dan tidak mampu kalau lansia tidak bisa apa-apa berhak menerima program rantang kasih ini," ucapnya kepada TribunJatim.com, Jumat (28/5/2021).

Di tahun 2021 ini, total ada 114 lansia di Kota Malang yang mendapatkan program rantang kasih. Jumlah tersebut bisa berkurang dan bisa bertambah, bergantung laporan yang diberikan oleh masing-masing Puskesos.

Berdasarkan update terbaru dari Dinsos P3AP2KB Kota Malang, hingga akhir Mei 2021, ada sekitar 104 lansia yang menerima rantang kasih. Jumlah tersebut berkurang karena ada lansia yang telah tutup usia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved