Breaking News:

Berita Pemprov

Penuhi Permintaan Khofifah, Ridwan Kamil Siap Desain Ulang Masjid Islamic Center Surabaya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memenuhi permintaan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk mendesain ulang Masjid Islamic Center yang ada

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Ndaru Wijayanto
surya/sugiharto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau Islamic Center bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Sabtu (29/5/2021) 

Reporter: Fatimatuz Zahroh I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memenuhi permintaan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk mendesain ulang Masjid Islamic Center yang ada di Dukuh Pakis Kota Surabaya. 

Sore ini, Sabtu (29/5/2021), Ridwan Kamil secara khusus menyempatkan diri meninjau langsung lokasi Masjid Islamic Center dan juga kawasan Gedung Islamic Center yang memiliki luas 3,1 hektar itu. 

Kang Emil, begitu ia biasa disapa, mengaku siap, mendesain ulang tatanan kawasan Islamic Center Surabaya. Dan membuatkan desain masjid yang lebih menarik dan unik untuk Pemprov Jatim

Sebab sebagaimana diberitakan sebelumnya, Gubernur Jatim Khofifah telah mengutarakan permintaannya pada Ridwan Kamil terkait desain ulang masjid di Islamic Center saat ia berkunjung ke Gedung Sate pada pertengahan bulan April 2021 lalu. 

"Saya sudah melihat Islamic Center di Provinsi Jawa Timur di Surabaya ini. Kebutuhan yang ibu Gubernur sampaikan yaitu membutuhkan masjid yang representative, saya kira memang sangat diaspirasikan oleh masyarakat. Karena kondisinya masjidnya memang kecil dan belum memadai," kata Ridwan Kamil, usai peninjauan. 

Masjid yang dimaksudkan Khofifah sebagai masjid Islamic Center itu memang kurang memadai.

Kondisinya ada di belakang gedung serbaguna Islamic Center, dan lebih cocok disebut musolah karena memang tidak begitu luas. 

Menurut Ridwan Kamil, jika nanti didesain ulang, maka sekalian diubah tatanan kawasan Islamic Centernya.

Menurut Kang Emil, masjidnya lebih baik tampak dari luar, tidak seperti saat ini yang ada di belakang gedung, tak terlihat dari luar.

"Kalau dari sisi tata ruang, saya melihat paling bagus itu masjidnya berdampingan dengan gedung ini di sebelah kanan. Jadi kalau dari jalan nanti kelihatan bagus, megah jadi kebanggaan Ibu gubernur," tegas Ridwan Kamil

Ia menyebut, masjid yang akan di desain nantinya akan dibuat unik dan megah. Dengan desain arsitektur seperti itu, diharapkan akan menjadi magnet masyarakat untuk mampir beribadah. 

"Desainnya akan kita buat yang bisa memanggil orang-orang yang tadinya hanya lewat lewat terus melihat arsitekturnya Insya Allah Luar biasa ini dia belok salat sembahyang dan terjadilah ibadah yang kita harapkan," ucapnya. 

Ia berjanji, desain masjid Islamic Center akan segera ia garap. Dan akan dihibahkan oleh Pemprov Jabar sebagai intellectual property design. Sehingga bisa digunakan untuk bahan lelang. 

"Ini secepatnya saya akan imajinasikan. Tentunya dengan keluangan yang saya miliki. Mudah-mudahan kalau berhasil ya, teman-teman catat ini menjadi sejarah yang baik. Dan seharusnya Indonesia seperti ini ya saling membantu dan saling memberikan dorongan motivasi antar daerah," pungkas Ridwan Kamil

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved