Breaking News:

Berita Madura

Pemkab Pamekasan Akan Bentuk 189 Agen yang Berikan Informasi Peredaran Rokok Ilegal di Tiap Desa

Pemkab Pamekasan akan membentuk 189 agen informan yang bertugas berikan informasi tentang peredaran rokok ilegal di tiap desa.

TRIBUNJATIM.COM/KUSWANTO FERDIAN
Sejumlah rokok ilegal yang hendak dimusnahkan di TPA Angsanah, Pamekasan, Madura hasil pemberantasan tahun 2020. 

Reporter: Kuswanto Ferdian | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Operasi pemberantasan barang kena cukai atau rokok ilegal, merupakan salah satu kegiatan Bagian Perekonomian Setda Pamekasan, Madura, yang dananya dibiayai oleh dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT).

Namun sebelum kegiatan ini digelar, Pemkab Pamekasan terlebih dahulu akan mengumpulkan informasi peredaran rokok maupun barang kena cukai ilegal. 

Kepala Bagian Perekonomian Setda Pamekasan, Sri Puja Astutik didampingi Kasubbag Sumber Daya Alam, Iska Fitratih mengatakan, dalam mengumpulkan informasi tentang rokok maupun barang kena cukai ilegal menggunakan sistem informasi rokok ilegal (Siroleg). 

“Informasinya, nanti teknisnya ini kita menggunakan sistem Siroleg, sistem informasi rokok ilegal, itu yang buat sistemnya dari Kantor Bea Cukai," kata Iska Fitratih kepada TribunJatim.com, Minggu (30/5/2021).

"Kita nanti akan mempunyai agen, istilahnya kita kerja sama dengan pihak kecamatan dan desa untuk menjadi agen informal tentang keberadaan rokok ilegal di situ,” tambahnya.

Menurut Iska, setiap pihaknya mendapat informasi perihal toko atau warung yang menjual rokok ilegal, maka akan dimasukkan ke Siroleg tersebut. 

Setelah terdata di Siroleg, akan diolah datanya oleh Kantor Bea Cukai untuk dijadikan bahan sebagai langkah dan strategi dalam melakukan operasi pemberantasan rokok atau barang kena cukai ilegal tersebut. 

Rencananya, kegiatan pengumpulan informasi rokok atau barang kena cukai ilegal ini, akan mulai tahun 2021 ini dan akan dilakukan oleh Bagian Perkonomian. 

Baca juga: Wakapolres Pamekasan Peringati Provos Harus Tegas dan Disiplin, Minta Awasi Anggota dengan Ketat

Tahun sebelumnya, informasi pengumpulan adanya rokok ilegal dilakukan oleh Disperindag. 

Halaman
12
Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved