Breaking News:

Berita Otomotif

Brio, Pedang Katana Andalan Honda di Indonesia yang Sulit Patah

Pakar Marketing dan Branding Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya, Basuki Rachmat menilai Honda Brio akan selalu menjadi rajanya mobil

TribunJatim.com/ Fikri Firmansyah
Honda Brio RS saat didisplay oleh HSC di Grand Atrium Pakuwon Mall pada April 2021. 

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA  - Pakar Marketing dan Branding Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya, Basuki Rachmat menilai Honda Brio akan selalu menjadi rajanya mobil di segmen city car maupun LCGC di Indonesia hingga masa mendatang.

Bahkan menurutnya, Brio tidak hanya punya tugas dari Honda untuk menjadi raja di segmen city car dan LCGC saja. Tapi juga menjadi pedang katana andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) yang sulit untuk dipatahkan dalam menguasai pasar otomotif.

"Kita lihat saja data selama tahun 2020 lalu, dimana produsen mobil asal Jepang ini berhasil meraih angka penjualan untuk seluruh unit di tanah air sebanyak 79.451 unit dan Honda Brio memiliki kontribusi terbesar terhadap total penjualan, yakni sebesar 54 % atau sebanyak 43.021 unit (RS dan Satya).

Selain itu, jumlah penjualan Honda Brio itu juga menjadikannya sebagai mobil terlaris 2020 dan sekaligus sukses mengalahkan penjualan Toyota Avanza yang notabenya adalah mobil sejuta umat.

Artinya, perolehan penjualan ini menandakan dihadirkannya mobil segmen LCGC ini memang punya tugas untuk menjalankan misi dalam upaya menguasai pasar mobil di Indonesia," ujar Basuki kepada TribunJatim.com di Surabaya, Senin (31/5/21).

Dia menambahkan, soal prediksi Brio akan merajai segmen LCGC di Indonesia hingga tahun-tahun berikutnya pun juga telah dibuktikan Honda di tahun 2021 ini.

"Jika saya lihat data dari situs resmi Honda, sepanjang Januari 2021, Honda Brio Satya terjual sebanyak 2.758 unit, memimpin segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 28%.

Dimana, Honda Brio RS mencatatkan penjualan sebesar 942 unit dan menguasai pangsa pasar di kelas City Car hingga sebesar 81%.

Sedangkan secara total, kedua model tersebut memberikan kontribusi hingga 52% dari keseluruhan penjualan mobil Honda di bulan Januari 2021.

Baca juga: Cerita Konsumen Honda PCX 150 Jajal Peningkatan Peforma PCX 160 Saat Touring ke Trawas: Memang Beda!

Halaman
1234
Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved