Breaking News:

Berita Jatim

Manfaatkan Tokped, UMKM Asal Surabaya Ini Sukses Raup Omzet Miliaran di Tengah Pandemi Covid-19

Penurunan ekonomi menyebabkan daya beli masyarakat menurun sehingga berdampak pada perumahan sebagian karyawan dan penurunan pendapatan yang diperoleh

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Januar Adi Sagita
Istimewa/TribunJatim.com
Owner Sleep Buddy Bedding, Indah Catur Agustin. 

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pandemi Covid-19 telah membawa dampak signifikan bagi industri tekstil.

Penurunan ekonomi menyebabkan daya beli masyarakat menurun sehingga berdampak pada perumahan sebagian karyawan dan penurunan pendapatan yang diperoleh oleh pelaku industri.

Namun begitu, masih ada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Surabaya yang piawai memanfaatkan peluang dan berhasil memperoleh omzet miliaran di tengah situasi pandemi Covid-19.

Adalah Sleep Buddy Bedding, UMKM yang dimiliki oleh Indah Catur Agustin ini berhasil memanfaatkan digitalisasi pemasaran dengan menggunakan platform e-commerce Tokopedia (Tokped).

Ketika mengikuti Virtual Media Briefing Tokopedia dengan tema Tokopedia Dorong Digitalisasi UMKM Home and Living Hadapi Pandemi, Indah mengatakan bahwa saat ini penjualannya meningkat hampir 20 kali lipat pada kuartal 1 tahun 2021 dibandingkan waktu yang sama di tahun 2020.

Baca juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Banyuwangi Tumpengan Malam Hari Bareng Warga Desa

“Jadi omzet yang kami dapat dari tokopedia ini mencapai lebih dari Rp. 900 juta dan penjualan memang 80% kami dapatkan dari sistem penjualan online melalui e-commerce Tokopedia,” terang Indah, Senin, (31/5/2021).

Indah yang saat ini sukses bergelut di bidang industri, dulunya memulai bisnis sebagai reseller dan mendirikan Sleep Buddy Bedding pada tahun 2009 dengan menjual beragam produk seprai berkualitas dengan harga terjangkau.

Produk lokal ini menggunakan bahan yang bermacam-macam mulai dari katun lokal, katun jepang, tencel poly, tencel, jackguard tencel dan jackguard kingkoil.

Dirinya mengakui sudah bergelut dengan bisnis online menggunakan e-commerce Tokopedia sejak tahun 2017.

“Di masa pandemi Covid-19 ini memang semangat kita tidak boleh surut, untuk itu saya terus memutar otak bagaimana saya bisa terus survive dan tetap untung,” cerita Indah.

Indah menuturkan bahwa untuk tetap survive, dirinya menggunakan strategi untuk berkolaborasi dengan influencer dan mengikut berbagai kampanye di Tokopedia termasuk Home Living SALEbrations.

Sehingga melalui strategi tersebut, produknya bisa dikenal oleh masyarakat di luar Kota Surabaya.

Hingga kini, bisnis yang dikelola oleh Indah ini pun mampu memberdayakan banyak penjahit yang berasal dari Purwantoro dan Wonogiri.

Kumpulan berita Jatim terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved