Breaking News:

Pancasila

Bupati Banyuwangi Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual, Ingatkan Semangat Pemersatu

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila,  secara virtual, Selasa (1/6/2021).

Penulis: Haorrahman | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/haorrahman
Bupati Ipuk dan Forkopimda Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual 

Reporter: Haorrahman I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila,  secara virtual, Selasa (1/6/2021).

Bupati Ipuk didampingi anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah antara lain Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, Dandim 0825 Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, dan Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Nagara.

Upacara tersebut Juga dihadiri perwakilan dari Danlanal Banyuwangi, perwakilan Kejaksaan Negeri Banyuwangi, dan perwakilan dari Pengadilan Negeri .

Dalam peringatan tersebut, Presiden Jokowi berpesan agar peringatan Hari Lahir Pancasila harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Walaupun pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang sejarah RI berdiri, namun tantangan yang dihadapi pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar berbagai belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antar pandangan, antar nilai-nilai dan ideologi,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi ideologi.

Karena itu, imbuhnya, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0.

Sekaligus pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan pengetahuan dan teknologi yang ber-keIndonesiaan.

Ditemui seusai upacara, Bupati Ipuk menyebut ide tentang Pancasila merupakan ide yang luar biasa yang digagas Bung Karno.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved