Breaking News:

Berita Madura

Desa Lobuk Sumenep Ditetapkan Desa Mandiri dan Maju, DPMD Ungkap Kelebihan hingga Bisa Terpilih

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep menyatakan bebas dari desa tertinggal dan menetapkan Desa Lobuk, Kecamatan Bluto sebag

istimewa
Desa Lobuk Sumenep Ditetapkan Desa Mandiri dan Maju, DPMD Ungkap Kelebihan hingga Bisa Terpilih 

Reporter : Ali Hafidz Syahbana I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SUMENEP - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep menyatakan bebas dari desa tertinggal dan menetapkan Desa Lobuk, Kecamatan Bluto sebagai desa mandiri dan maju.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Moh Ramli pada Selasa (1/6/2021).

"Desa Lobuk terpilih sebagai satu satunya desa mandiri dan maju di Sumenep," kata Kepala DPMD Kabupaten Sumenep Moh Ramli.

Penetapan tersebut katanya, ditandai dengan penandatanganan Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2021 pada (31/5/2021).

Proses itu katanya dilakukan Kepala DPMD, Moh Ramli, Kepala Bappeda, Yayak Wahyudi dan Koordinator Pendamping Kabupaten Sumenep, disaksikan AKD dan perwakilan Camat di Kantor DPMD Sumenep.

Menurutnya, berdasarkan hasil penilaian di Desa Lobuk itu ditetapkan sebagai satu-satunya desa mandiri dan 54 desa lainnya masuk kategori maju serta 275 desa berstatus sebagai desa berkembang. 

Moh Ramli mengakui, jika Desa Lobuk mempunyai kelebihan dibandingkan desa lain. Salah satu diantaranya mulai dari pengelolaan desa, pemberdayaan, BUMDes dan pendapatan asli desa.

"Bahkan sebelumnya pernah mengikuti event tingkat provinsi," tambahnya.

Penetapan IDM tersebut katanya, untuk mendukung upaya pemerintah dalam proses pembangunan desa, khususnya penanganan kemiskinan di Kabupaten Sumenep.

Halaman
12
Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved