Breaking News:

Berita Kota Batu

Dua OPD di Pemkot Batu Dipisha Menjadi Dua

Dua dinas di Pemerintah Kota Batu akan dipisah (dipecah). Pertama adalah Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPT

TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Balai Kota Among Tani Kota Batu, Jumat (8/1/2021). 

Reporter : Benni Indo | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Dua dinas di Pemerintah Kota Batu akan dipisah (dipecah). Pertama adalah Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-TK) yang dipecah menjadi DPMPTSP dan Dinas Ketenagakerjaan.

Keduanya akan menjadi dinas tersendiri.

Kedua adalah Dinas Pendidikan. Di Dinas Pendidikan, ada bidang yang menangani pemuda dan olahraga. Tidak lama lagi, akan ada Dinas Pemuda dan Olahraga. Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, selain pemecahan, juga ada penambahan satu badan.

Penambahan satu badan itu adalah Badan Riset dan Inovasi Daerah. Rencana pemecahan dua OPD dan penambahan satu badan itu itu menindaklanjuti UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

"Adanya penyederhanaan dan penambahan OPD ini tidak hanya di Pemerintah Kota Batu tapi di seluruh Indonesia. Kemungkinan akan dilakukan pada tahun depan," ujar Punjul Santoso.

Dinas Ketenagakerjaan menjadi instansi sendiri agar dalam menjalankan program dan pelayanan bisa lebih fokus.

Baca juga: KPK Kembali Sita Beberapa Dokumen Kasus Gratifikasi di Pemkot Batu

“Yang terpenting lagi agar mempermudah pintu investasi masuk ke Kota Batu sehingga berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan dan pemerataan perekonomian,” bebernya.

Sedangkan peran bidang Pemuda dan Olahraga yang masih satu perangkat dengan Dinas Pendidikan dinilai kurang maksimal. Dengan berdiri sendiri, nantinya diharapkan fokus terhadap peningkatan kapasitas pemuda dan prestasi olahraga bisa lebih maksimal.

Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) dibentuk karena Pemerintah Daerah bisa membuat riset dan inovasi dalam memajukan dan mempermudah program-program.

"Selama ini untuk riset masih terpusat dalam Menristekdikti. Sehingga untuk riset atau inovasi masih dari atas ke bawah. Nah dengan adanya Brida, Pemerintah Daerah bisa membuat riset dan inovasi sendiri dalam memaksimalkan program-programnya," terang Ketua DPC PDIP Kota Batu ini.

Sebelumnya, Pemkot Batu telah memecah kedinasan pada 2021 ini. Kabag Organisasi Setda Pemkot Batu, Andang Budi Harsa mengatakan, yang disederhanakan adalah Badan Keuangan Daerah (BKD) yang dibagi dua antara Badan Pendapatan Daerah dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

Kemudian Kesbangpol yang naik status menjadi Badan Kesatuan Bangsa. Selanjutnya Bagian Humas yang menjadi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Kemudian Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan dipisah menjadi dua, yaitu Bagian Perekonomian dan SDA dan Bagian Pembangunan.

"Serta Dinas Ketahanan Pangan yang saat ini digabung jadi satu dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Dari SOTK ini tentunya akan sangat berdampak pada kinerja pemerintah dalam melayani masyarakat,” beberanya kepada TribunJatim.com.

Berita tetang Pemkot Batu

Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved