Breaking News:

Berita Gresik

Gresik Gempar, Petani Temukan Semburan Lumpur Seperti Jeli, Kades: Mungkin Rumah Kepiting Sawah

Fenomena alam semburan lumpur pada area persawahan di Desa Sukorejo Kecamatan Bungah, Gresik. Sedikitnya ada tiga titik semburan lumpur. 

Penulis: Sugiyono
Editor: Ndaru Wijayanto
surya/sugiyono
Seorang petani melihat lumpur yang keluar dari dalam tanah, Selasa (1/6/2021). 

Reporter: Sugiyono I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Fenomena alam semburan lumpur pada area persawahan di Desa Sukorejo Kecamatan Bungah, Gresik. Sedikitnya ada tiga titik semburan lumpur

Lukman pengelolah sawah melaporkan kepada Kepala Desa Sukorejo Kecamatan Bungah, Muslikh.

Bahwa, pada Sabtu (29/5/2021), pukul 13.00 WIB terjadi semburan lumpur yang tingginya tidak sampai puluhan sentimeter di sawah warga.

"Dapat laporan petani, bahwa ada lumpur keluar di sawah. Informasinya, diketahui lumpur keluar sekitar pukul 9.00 WIB. Sesampainya di lokasi, sudah tidak ada semburan lumpur. Hanya ada bekas aliran lumpur," Kata Muslikh, Selasa (1/6/2021). 

Lebih lanjut Muslikh, mengatakan, lumpur yang keluar tidak ada tanda-tanda berdampak negatif. Sebab, tanaman padi masih terlihat hijau tidak terbakar dan tidak ada bau gas. 

"Mungkin hanya rumah kepiting sawah, maka saya tidak membuat laporan ke pihak-pihak terkait," imbuhnya. 

Dari tanda-tanda gejala alam tersebut, Muslikh berharap kepada masyarakat dan petani tidak perlu panik. Sebab, lumpur tersebut tidak terlihat berbahaya. 

"Informasi yang beredar terlalu dibesar-besarkan, jadi warga desa Sukorejo tidak perlu panik. Di lokasi sudah tidak ada semburan lumpur yang keluar. Dan lumpur tidak membuat tanaman mati atau layu. Tidak tercium bau gas," katanya. 

Menurut Muslikh, lumpur tersebut  saat dipegang tidak lengket seperti lumpur sawah. Seakan-akan mirip mainan anak-anak berupa jell.

"Agar warga tidak kasatir, diharapkan ada Dinas terkait yang  meneliti tanda-tanda perubahan alam," imbuhnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved