Breaking News:

Berita Kota Batu

RTRW Kota Batu akan Direvisi

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Batu tahun 2010-2030 yang saat ini ada di Pemerintah Provinsi Jawa Timur direncanakan direvisi.

Penulis: Benni Indo | Editor: Yoni Iskandar
TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Wisata alam di Kota Batu dengan bentangan ladang yang hijau dan berbukit, 2021. 

Reporter : Benni Indo | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Batu tahun 2010-2030 yang saat ini ada di Pemerintah Provinsi Jawa Timur direncanakan direvisi.

Informasi itu disampaikan Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Khamim Thohari, Selasa (1/6/2021). Revisi itu dilakukan karena ada perubahan di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) mengalami beberapa perubahan,” katanya, Selasa (1/6/2021).

Seiring rencana revisi itu, maka Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2011 tentang RTRW juga harus disesuaikan. Dikatakan Khamim, ada 25 poin permasalahan umum rencana pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot Batu.

“Dari beberapa poin tersebut, ada pembangunan Puskesmas Pandanrejo ke Puskesmas Tulungrejo,” katanya.

Sejumlah proyek pembangunan juga dihapus. Makanya dari itu, RTRW perlu disesuaikan agar arah pembangunan sesuai kondisi saat ini.

“Perda RTRW dapat dievaluasi dalam kurun waktu lima tahun dengan menyesuaikan perkembangan situasi dan kondisi yang ada,” terangnya.

Penyesuain juga mengatur Ruang Terbuka Hijau (RTH). Khamim juga menjelaskan banyaknya bangunan yang tidak memiliki izin didirikan di lahan hijau. Meskipun sudah ada inspeksi, namun sanksi yang diberikan tidak tegas.

Baca juga: Saling Klaim Aset Pembangunan Uji KIR Kota Batu, Polemik Bekas Kantor KPU Belum Temui Titik Terang

“Rata-rata hanya sidang tindak pidana ringan (Tipiring) dan denda maksimal Rp 1,5 juta yang dibayarkan ke kas negara. Kemudian pengembang yang sudah menjalani tipiring masih terus melanjutkan proses pembangunannya meski belum mengantongi izin,” ungkapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved