Breaking News:

Berita Jember

Upacara Hari Lahir Pancasila Pemkab Jember, 'Tangkal Radikalisme dengan Pondasi Pancasila'

Para pejabat Pemkab Jember memakai pakaian adat khas Jember ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 virtual bersama Presiden RI Joko Widodo.

TribunJatim.com/Sri Wahyunik
Jajaran Forkopimda Kabupaten Jember berfoto bersama usai peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni  2021. 

Reporter: Sri Wahyunik | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Jajaran Forkopimda Jember mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 secara virtual di Pendapa Wahyawibhawagraha, Jember, Selasa (1/6/2021).

Para pejabat Pemkab Jember memakai pakaian adat khas Jember saat mengikuti upacara virtual yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, mengenakan pakaian adat di Upacara Hari Lahir Pancasila itu merupakan instruksi dari pemerintah pusat.

"Memang ini instruksi dari pusat, tetapi kami bahagia. Karena ini menunjukkan keanekaragaman Indonesia. Indonesia ini ada karena perbedaan, berbagai macam suku," ujar Bupati Hendy, usai upacara.

Baca juga: Hari Lahir Pancasila, Pangdam V Brawijaya dan Wakapolda Jatim Berziarah ke Makam Bung Karno Blitar

Menurutnya, generasi muda harus tahu tentang keanekaragaman budaya di Indonesia.

Menanggapi pesan dari Presiden Joko Widodo tentang kewaspadaan terhadap ideologi radikal transnasional.

Kewaspadaan ini harus dimiliki oleh semua elemen masyarakat Indonesia.

Kata Jokowi, ideologi transnasional radikal ini merambah melalui kecepatan dan kecanggihan teknologi informasi yang bisa diakses oleh semua kalangan.

Baca juga: Wali Kota Malang Wajibkan Putar Lagu Indonesia Raya dan Teks Pancasila, Tanam Ideologi Jadi Kekuatan

Menurut Jokowi, diperlukan cara-cara luar biasa untuk menangkal ideologi radikal tersebut, antara lain dengan ilmu pengetahuan, kekuatan teknologi informasi yang berkeIndonesiaan, juga Pancasila yang menjadi pondasi.

Jokowi mengatakan semua pihak harus membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi mewujudkan Indonesia maju.

"Untuk menangkal radikalisme ini memang tugas bersama. Harus diantisipasi bersama, oleh semua elemen masyarakat, tidak hanya Forkopimda. Harapan kami, masyarakat proaktif jika ada pendatang baru di sekitarnya, ikut memantau untuk mengantisipasi munculnya bibit radikalisme di sekitar kita," kata Bupati Hendy.

Berita tentang Jember

Berita tentang Jawa Timur

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved