Pancasila

Wali Kota Malang Wajibkan Putar Lagu Indonesia Raya dan Teks Pancasila, Tanam Ideologi Jadi Kekuatan

Wali Kota Sutiaji mengimbau kantor OPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang agar memutar Lagu Indonesia Raya dan teks Pancasila.

Penulis: Rifki Edgar | Editor: Hefty Suud
TribunJatim.com/Rifky Edgar
Wali Kota Malang, Sutiaji. 

Reporter: Rifky Edgar | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Wali Kota Malang Sutiaji mengimbau kepada setiap kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Malang agar memutar Lagu Indonesia Raya dan teks Pancasila.

Imbauan tersebut disampaikannya usai orang nomor satu di Kota Malang itu mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara virtual, Selasa (1/6/2021) .

Sutiaji menyampaikan, pemutaran lagu Indonesia Raya dan lagu kebangsaan lainnnya akan diputar pada jam-jam tertentu di kantor pemerintahan.

Imbauan tersebut juga berlaku di kantor-kantor swasta yang ada di Kota Malang.

Baca juga: Gubernur Jatim Khofifah Ajak Milenial Dalami Makna Pancasila sebagai Perekat Persatuan Bangsa

"Rencananya pada jam-jam tertentu teks Pancasila dan lagu kebangsaan akan kami dengungkan di kantor-kantor pemerintah dan kantor swasta. Ini kami lakukan supaya nilai-nilai pancasila ini bukan hanya kita hanya bisa menyebutkan, tapi bisa dilakukan dalam kehidupan," ucapnya.

Sutiaji mengatakan, bahwa apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi pada Hari Lahirnya Pancasila ialah mengajak masyarakat agar menanamkan ideologi Pancasila.

Terutama dalam pandemi virus Corona ( Covid-19 ) yang telah berjalan setahun lebih ini, diharapkan sila satu sampai lima yang ada di dalam Pancasila bisa menjadi kekuatan ideologi dari masyarakat.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Hari Pancasila 1 Juni 2021, Bisa Dijadikan Status di WA, FB, dan IG, Ini Sejarahnya

"Karena pandemi ini telah mengingatkan pada kita, bahwa sesungguhnya Pancasila adalah menjadi ideologi kita semua yang memang dibingkai dalam demokrasi yang sudah disepakati bersama. Dan eksistensi Pancasila merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk arah bangsa ke depan," ucapnya.

Sutiaji pun berharap, ideologi Pancasila bisa menjadi kekuatan bangsa Indonesia di masa yang tidak menentu akibat pandemi Covid-19 ini.

"Harapan kami, Pancasila menjadi kekuatan yang tidak bisa di pandang remeh di saat kita serba sulit. Di saat negara-negara lain serba sulit, tidak ada tawaran untuk ideologi lain. Kita tetap memegang teguh ideologi Pancasila," tandasnya.

Berita tentang Hari Lahir Pancasila

Berita tentang Kota Malang

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved