Breaking News:

Berita Trenggalek

Kadesnya Meninggal, Desa Salamrejo Trenggalek Akan Gelar Pilkades Antar Waktu

Kadesnya meninggal dan masa jabatan masih sekitar 4 tahun, Desa Salamrejo Trenggalek akan menggelar Pilkades antar waktu.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/AFLAHUL ABIDIN
Rapat bersama membahas pelaksanaan Pilkades antar waktu untuk Desa Salamrejo, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, Rabu (2/6/2021). 

Reporter: Aflahul Abidin | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Desa Salamrejo, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) antar waktu dalam waktu dekat.

Rencana Pilkades itu menyusul meninggalnya kepala desa pada bulan Maret 2021 lalu.

Masa jabatan yang masih sekitar 4 tahun membuat eksekutif dan legislatif Kabupaten Trenggalek mendorong agar kepala desa definitif bisa dipilih.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Trenggalek, Edi Supriyanto menjelaskan, pelaksanaan Pilkades antar waktu berbeda dengan Pilakdes pada umumya.

Penentuan kepala desa akan ditetapkan lewat musyawarah perwakilan tokoh tiap perdukuhan di desa itu.

Penentuan tokoh yang akan mewakili tiap dukuh ditentukan oleh anggota badan permusyawaratan desa setempat.

“Teman-teman BPD dan Pj Kades Salamrejo sudah sepakat untuk menyelenggarakan Pilakdes melalui mekanisme antar waktu,” kata Edi, seusai rapat bersama DPRD membahas hal itu, Rabu (2/6/2021).

Untuk saat ini, pihaknya telah bersiap memfasilitasi pembentukan panitia Pilkades antar waktu. Setelah panitia terbentuk, proses selanjutnya adalah memilih perwakilan tokoh yang akan mengikuti proses musyawarah.

Baca juga: SMAN 1 Trenggalek Terapkan Program SKS Tahun Ini, Siswa Bisa Selesaikan Pembelajaran Lebih Cepat

“Jadi rohnya itu roh bermusyawarah. Kalau misalnya ada tiga calon nantinya, peserta musyawarah yang akan menentukan siapa yang jadi kepala desa. Kalau tidak ada kesepakatan, bisa melalui voting. Tinggal nanti mekanismenya pemilihan terbuka atau tertutup,” ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved