Breaking News:

Berita Kediri

Keberangkatan Haji 2021, Kemenag Kabupaten Kediri Tunggu Instruksi Pemerintah Pusat

Kemenag Kabupaten Kediri pastikan belum menerima surat edaran mengenai keputusan proses penyelenggaraan keberangkatan haji tahun 2021.

Abdel Ghani BASHIR / AFP
ILUSTRASI - Area Mataf Masjidil Haram dibuka kembali setelah sempat ditutup sementara untuk dilakukan sterilisasi. Upaya itu dilakukan demi mencegah mewabahnya virus corona. 

Reporter : Farid Mukarrom | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Kemenag Kabupaten Kediri pastikan belum menerima surat edaran mengenai keputusan proses penyelenggaraan keberangkatan haji tahun 2021.

Diketahui saat ini sudah memasuki awal bulan Juni 2021, dimana satu bulan lagi tepatnya pada bulan Juli waktu sebagian umat Islam melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi.

Namun saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, dimana pada tahun 2020 kegiatan haji dilakukan tertutup hanya untuk warga sekitar di dalam negeri Arab Saudi.

Akan tetapi tahun ini kabar kepastian keberangkatan haji tahun 2021, masih belum diumumkan oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi.

Termasuk yang disampaikan oleh Humas Kemenag Kabupaten Kediri Paolo Xiemenes. Menurut Paolo hingga sampai saat ini pihaknya belum menerima kabar terbaru mengenai instruksi dari Kemenag Pusat mengenai teknis pelaksanaan keberangkatan haji tahun 2021.

"Sampai saat ini belum ada surat atau petunjuk pelaksanaan dari pusat mengenai keberangkatan haji tahun 2021," ujarnya kepada SURYA Rabu (2/6/2021).

Masih kata Paolo Xiemenes pihaknya tetap siaga 1 untuk antisipasi jika dimungkinkan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 dilaksanakan.

"Kita sudah punya tim yang terbentuk, intinya semuanya siaga 1 menunggu kabar keputusan dari Kemenag Pusat," jelasnya kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Calon Jemaah Haji Ponorogo Sudah Tervaksin Semua, Kemenag: Tinggal Tunggu Keputusan Saudi

Sementara itu Paolo juga menyebutkan sampai saat ini pihaknya juga menunggu kabar mengenai progam vaksinasi untuk jamaah yang akan diberangkatkan haji.

"Kalau masalah progam vaksin itu masih menunggu hasil keputusan tahun ini berangkat atau tidak. Kedua untuk jenis vaksin yang diterima oleh tuan rumah (Arab Saudi) itu jenisnya apa kita masih belum tahu. Semuanya menunggu keputusan akhir dari Kemenag dan Pemerintah Arab Saudi," tegasnya.

Berita tentang ibadah haji

Penulis: Farid Mukarrom
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved