Breaking News:

Berita Surabaya

Sambut Bulan Bung Karno, PDIP Hadirkan Semangat Sang Proklamator ke Kampung-kampung Surabaya

Menyambut Bulan Bung Karno, DPC PDIP Kota Surabaya hadirkan semangat perjuangan Presiden Pertama RI Ir Soekarno ke kampung-kampuns Surabaya.

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Hefty Suud
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Ketua DPC PDIP Surabaya, Adi Sutarwijono 

Reporter: Nuraini Faiq | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA  - DPC PDIP Kota Surabaya menyambut Bulan Bung Karno yang jatuh setiap Juni dengan terus menghadirkan pemikiran dan perjuangan Presiden Pertama RI Ir Soekarno.

"PDIP Surabaya mengusung Bung Karno ke kampung-kampung di Kota Pahlawan dengan berbagai kegiatan,” ujar Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, Rabu (2/6/2021).

Juni sebagai Bulan Bung Karno karena pada bulan ini penuh dengan peristiwa bersejarah yang berkaitan dengan Bung Karno 'Sang Proklamator'.

Pada 1 Juni 1945, di depan sidang Bag dan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan, Bung Karno untuk kali pertama menyampaikan gagasan tentang lima sila dasar negara, yang dinamakan Pancasila. Hari itulah, 1 Juni, yang kini kita kenal sebagai Hari Lahir Pancasila.

Baca juga: Ziarah ke Makam Bung Karno di Kota Blitar, Pangdam V Brawijaya: Pancasila Sebagai Perekat Bangsa

Kemudian 6 Juni 1901, Bung Karno lahir di Surabaya. Tepatnya di Jalan Pandean, Kelurahan Peneleh, Surabaya. Sang Presiden ini menghabiskan masa remaja di kota ini, menghimpun gagasan dan berjuang di Surabaya. 

"Maka tak salah Bung Karno menyebut Surabaya sebagai dapur nasionalisme,” ujar Adi yang juga ketua DPRD Surabaya.

Pada 21 Juni 1970, Bung Karno wafat di Jakarta. Sang proklamator ini dimakamkan di Kota Blitar.

Bulan Bung Karno menjadi  momentum yang tepat untuk terus merefleksikan dan mengaplikasikan pemikiran Bung Karno. Yang paling utama adalah soal Pancasila.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved