Breaking News:

Berita Trenggalek

SMAN 1 Trenggalek Terapkan Program SKS Tahun Ini, Siswa Bisa Selesaikan Pembelajaran Lebih Cepat

SMAN 1 Trenggalek menerapkan program SKS mulai tahun ini, siswa bisa selesaikan waktu pembelajaran menengah atas lebih cepat.

TRIBUNJATIM.COM/AFLAHUL ABIDIN
Peresmian program sistem kredit semester (SKS) di SMAN 1 Trenggalek, Selasa (2/6/2021). 

Reporter: Aflahul Abidin | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - SMAN 1 Trenggalek akan menerapkan program Sistem Kredit Semester (SKS) mulai tahun ajaran baru tahun ini.

Dalam sistem itu, para siswa akan mengikuti pembelajaran yang mirip dengan mahasiswa.

Dampak positifnya, siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dapat menyelesaikan waktu pembelajaran menengah atas lebih cepat.

Kepala SMAN 1 Trenggalek, Endang Sri Pratiwi menjelaskan, SMAN 1 Trenggalek menjadi sekolah pertama yang menerapkan program SKS di Kabupaten Trenggalek.

“Kami ditunjuk untuk menerapkan program ini sebenarnya mulai tahun lalu. Tapi masih persiapan, Surat Keterangan (SK) baru kami terima akhir Desember, sehingga kami mulai di tahun ajaran baru tahun ini,” kata Endang, saat peresmian program SKS, Rabu (2/6/2021).

Dalam sistem SKS, para siswa yang memiliki kemampuan lebih bisa mempercepat materi yang harus diterima.

Sehingga, terang Endang, seorang siswa bisa menyelesaikan satu semester hanya dalam waktu empat bulan. Itu artinya, pembelajaran tingkat SMA bisa ditempuh dalam jangka waktu 2 tahun saja.

“Jadi contohnya, apabila seorang siswa telah menyelesaikan bab satu dalam satu pelajaran, ia bisa langsung melanjutkan ke bab dua. Tidak harus berbarengan dengan teman-teman sekelasnya,” ujarnya.

Dalam sistem ini, tak ada model pembelajaran kenaikan kelas. Tolok ukur kenaikan tingkat dihitung berdasarkan jumlah pembelajaran yang telah ditempuh.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved