Breaking News:

Berita Mojokerto

Warga Kutorejo Mojokerto Sambat Air PDAM Tidak Mengalir

Sejumlah warga mengeluhkan air PDAM tidak mengalir di kawasan Dusun Durung, Desa Jiyu, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Yoni Iskandar
Surya/Mohammad Romadoni
Sejumlah pekerja memperbaiki pipa saluran air PDAM yang bocor di wilayah Dusun Durung, Desa Jiyu, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. 

Reporter : Mohammad Romadoni | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Sejumlah warga mengeluhkan air PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) tidak mengalir di kawasan Dusun Durung, Desa Jiyu, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto.

Adanya kerusakan pipa saluran diduga menjadi penyebab air PDAM tidak mengalir ke rumah warga sejak satu hari setelah lebaran atau sekitar satu bulan lamanya.

Akibatnya, warga setempat kesulitan mencari air bersih sehingga mereka terpaksa menumpang mengambil air dari sumur milik tetangga.

Berdasarkan keterangan warga setempat, Sudadi mengatakan ratusan masyarakat di tiga Rukun Tetangga (RT) yang terdampak air PDAM tidak mengalir sehingga mereka kesulitan mencari air bersih untuk keperluan MCK (Mandi, Cuci, kakus).

"Air PDAM mampet sampai sekarang belum normal," katanya kepada TribunJatim.com, Rabu (2/6/2021).

Menurut dia, pelanggan merasa dirugikan terkait gangguan saluran PDAM tersebut. Apalagi, banyak masyarakat di Desa Jiyu yang menggantungkan pasokan dari air PDAM.

Baca juga: Kado Hari Raya Idul Fitri, Air PDAM Mampet di Perumahan GBA Kebomas Gresik, Warga Resah

"Tentunya merugikan pelanggan jika aliran air PDAM tidak mengalir seperti ini apalagi kalau siang mampet total dan saat malam air mengalir namun kecil," jelasnya.

Warga sudah seringkali membuat pengaduan ke PDAM namun hingga sekarang belum direspon. Mereka begitu berharap ada perhatian dari Pemerintah Daerah untuk mengatasi permasalahan air PDAM yang tidak mengalir khususnya di wilayah Desa Jiyu, Kecamatan Kutorejo.

"Kami seringkali mengadu terkait permasalahan air PDAM namun belum ada tanggapan jika seperti ini nantinya ratusan warga akan mendatangi kantor PDAM," ucap Sudadi.

Direktur Utama PDAM Kabupaten Mojokerto, Fayakun Hidayat saat dikonfirmasi membenarkan adanya gangguan distribusi air PDAM yang disebabkan sejumlah kebocoran saluran pipa di sejumlah titik koordinat -7°35'25", 112°32'25",244,7m 148°, wilayah Desa Jiyu, Kecamatan Kutorejo.

"Iya, memang saluran (Air PDAM) mati sejak beberapa hari lalu karena adanya kebocoran pipa saluran yang saat ini masih dalam proses perbaikan," terangnya kepada TribunJatim.com.

Hidayat menambahkan pihaknya membantah jika saluran PDAM tidak mengalir di Desa Jiyu setelah hari raya selama satu bulan lamanya melainkan beberapa hari terakhir.

"Jadi tidak benar kalau air PDAM tidak mengalir usai lebaran saat ini tim perbaikan melakukan normalisasi saluran di wilayah Pandan dan Kutorejo semoga bisa segera normal," pungkasnya kepada TribunJatim.com.

berita tentang air mampet

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved