Breaking News:

Pemerintah Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI di Q2 2021 Capai 7,8 Persen, Ekonom: Hal Positif

Pada kuartal II tahun 2021 (Q2/2021), Pemerintah memprediksi bahwa perekonomian Indonesia akan tumbuh sekitar 7 hingga 7,8 persen.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Yoni Iskandar
Tribunjatim.com/Fikri Firmansyah
Menjelang H-1 lebaran, suasana Pasar Wonokromo terpantau ramai pengunjung. Rabu (12/5/21). 

Reporter : Fikri Firmansyah | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pada kuartal II tahun 2021 (Q2/2021), Pemerintah memprediksi bahwa perekonomian Indonesia akan tumbuh sekitar 7 hingga 7,8 persen.

Prediksi optimisme yang menyatakan bahwa ekonomi Indonesia bisa tumbuh sampai 7,8 persen tentunya memang merupakan kabar yang sangat menggembirakan.

Lalu bagaimana para pakar ekonomi menanggapi prediksi tersebut?

Pakar Ekonomi Publik Universitas Airlangga (Unair) Dr. Ni Made Sukartini mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi, apalagi sampai di atas 5 persen, merupakan suatu hal yang luar biasa.

Kondisi tersebut mencerminkan bahwa aktivitas ekonomi normal mulai berlangsung.

“Yang perlu saya garis bawahi di sini adalah pertumbuhan perekonomian ini masih merupakan prediksi, karena masih ada satu bulan lagi dalam perjalanan Q2 tahun 2021. Kondisi ini tentu membawa harapan baru, dimana kita semua bisa keluar dari pelemahan ekonomi yang sempat terjadi selama lebih dari setahun terakhir,” ungkapnya, Kamis (3/6/21).

Baca juga: Pacu Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Ketua DPD RI Minta Penetapan KPI Dipercepat

Dr. Made menjelaskan prediksi nilai pertumbuhan ekonomi 7,8 persen ini bermakna bahwa mulai ada meningkatnya aktivitas ekonomi, baik dari sisi produksi maupun dari sisi pengeluaran.

Dari sisi produksi, beberapa sektor yang sempat melambat pada saat pandemi sudah mulai bangkit kembali. Di antaranya adalah sektor properti, industri, serta sektor perdagangan dan jasa.

“Bahkan, sektor pertanian secara umum tetap berproduksi, dan sektor ini satu-satunya yang bertahan dan bahkan tetap tumbuh selama pandemi. Hal ini menunjukkan kepercayaan bisnis sudah mulai tumbuh,” jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved