Breaking News:

Berita Kota Batu

Pemkot Batu Imbau Pedagang Beri Tarif Wajar ke Wisatawan: Kami Lakukan Pengawasan dan Pembinaan

Tak mau kejadian di Malioboro terjadi di Kota Batu, pemkot imbau pedagang beri tarif wajar ke wisatawan: Kami terus lakukan pengawasan dan pembinaan.

TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Lokasi wisata kuliner di dekat Alun-alun Kota Batu yang selalu dikunjungi wisatawan, 2021. 

Reporter: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Mengantisipasi kekecewaan wisatawan, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu mengingatkan kepada para pedagang agar memberikan harga yang pantas kepada para pembeli.

Imbauan itu ditegaskan untuk menghindari potensi adanya oknum yang menaikkan harga sehingga mengecewakan wisatawan.

Apalagi Kota Batu merupakan tempat favorit wisatawan, sehingga perlu ada pelayanan yang baik.

Kepala Bidang Perdagangan Diskumdag Kota Batu, Nurbianto menerangkan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan para paguyuban pedagang kaki lima (PKL), terutama yang berada di Alun-alun Kota Batu.

Semua pedagang diminta tertib berniaga dan juga tertib protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

"Kami terus lakukan pengawasan dan pembinaan agar hal yang terjadi seperti di Malioboro tidak terjadi di Kota Batu, utamanya bagi wisatawan yang berkunjung ke sini. Perbuatan oknum bisa merugikan semua pelaku niaga atau pedagang yang ada," jelas dia.

Sejauh ini, pengawasan optimal masih terpusat di Alun-alun Kota Batu. Namun imbauan itu juga berlaku bagi semua pedagang yang ada di Kota Batu.

"Perhatian ekstra malah pedagang di luar Alun-alun, karena di luar pembinaan kami. Untung saja banyak pedagang sudah sadar wisata dan tata cara berjualan yang baik, sopan, hingga penyajian yang higienis. Bila ada kejadian menaikkan harga, yang mengingatkan ya dari paguyubannya sendiri," paparnya.

Bila tetap bandel bisa dipastikan pedagang tersebut akan terkena sanksi sosial. Selain itu Diskumdag juga memberlakukan sanksi penutupan. 

Baca juga: DPRD Jawa Timur Minta Sekolah SPI Kota Batu Terbuka Terkait Kasus Dugaan Pelecehan dan Kekerasan

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved