Breaking News:

Berita Banyuwangi

Menteri Tito: Banyuwangi Terus Berinovasi, Daerah Lain Perlu Meniru

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta daerah lain untuk bisa meniru berbagai inovasi yang dilakukan Kabupaten Banyuwangi.

surya/haorrahman
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengecek layanan “Smart Kampung” di Desa Sukojati, Banyuwangi, Jumat (4/6/2021), didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. 

Reporter: Haorrahman I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta daerah lain untuk bisa meniru berbagai inovasi yang dilakukan Kabupaten Banyuwangi.

Hal tersebut disampaikan saat Tito mengecek layanan “Smart Kampung” di Desa Sukojati, Banyuwangi, Jumat (4/6/2021), didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

“Banyuwangi bisa menjadi model, menjadi best practice untuk dari lain. Banyuwangi terus berinovasi, saya sudah dengar berbagai inovasinya. Tradisi inovasinya terjaga," Kata Tito.

"Saya akan minta daerah lain meniru Banyuwangi. Saya saja ingin belajar dari Banyuwangi," sambungnya.

Tito menceritakan kedatangannya ke Banyuwangi untuk menjawab rasa penenasaran tentang berbagai inovasi dan keberhasilan Banyuwangi. 

"Jujur saya katakan, selama ini saya penasaran dengan Banyuwangi. Tiap lomba pelayanan publik di kementrian, (Banyuwangi) selalu menang. Jadi saya putuskan untuk datang langsung ke Banyuwangi," urai Tito.

Tito pun mengaku terkejut dengan sistem layanan publik Smart Kampung yang ada di desa Banyuwangi. Bahkan Tito mengakui kalah dari kepala desa di Banyuwangi dalam mengakses berbagai sistem layanan publik.

Kepala Desa Sukojati Untung Suripno yang usianya sudah 50 tahun  menjelaskan detil program Smart Kampung yang digeber Pemkab Banyuwangi untuk desa-desa.

Dalam program itu, sejumlah layanan cukup diakses di tingkat desa, bahkan secara mandiri melalui mesin yang disiapkan di kantor desa.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved