Breaking News:

Berita Jombang

Asuransi Pertanian 'Sangat Membantu', Petani Jombang Gagal Panen hampir 80 Persen Dapat Ganti Rugi

Program asuransi pertanian mulai dirasakan manfaatnya oleh para petani. Salah satunya Ketua Kelompok Tani Dusun Gondangmanis, Kabupaten Jombang.

Penulis: Aqwamit Torik | Editor: Hefty Suud
TRIBUNJATIM.COM/FARID MUKARROM
Puluhan hektar sawah milik warga di Desa Jati Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri terendam Banjir pada Rabu (30/12/2020). 

Reporter: Aqwamit Torik | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Sektor pertanian menjadi usaha yang dinilai memiliki resiko tinggi dan rentan terhadap penurunan produksi, cuaca alam, serangan hama bahkan gagal panen.

Untuk mengatasi hal itu, pemerintah sudah memperkenalkan asuransi pertanian yang tertuang dalam kebijakan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

UU tersebut ditindak lanjuti penerbitan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No. 49 Tahun 2015 tentang Fasilitas Asuransi Pertanian.

Seiring berjalannya waktu, program asuransi pertanian ini sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh para petani.

Baca juga: Petani di Tulungagung Harus Sewa Tukang Tembak, Untuk  Melindungi Bibit Padi Dari Serangan Tikus

Hal itu salah satunya diungkapkan oleh Mukadis, Ketua Kelompok Tani Dusun Gondangmanis, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang

Mukadis mengaku jika lahan pertanian miliknya seluas 4 hektar hampir 80 persen mengalami gagal panen.

Mukadis mengaku, dirinya dan para petani yang terkena dampak sangat terbantu dengan adanya program asuransi pertanian tersebut. 

"Kebetulan kemaren ada klaim dari Jasindo, itu sangat membantu, karena waktu itu petani sendiri biaya sudah maksimal, nunggu panen akhirnya gagal dan ganti ruginya bisa untuk garap lagi," ungkap Mukadis, ketika dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Jumat, 4 Juni 2021, berdasarkan rilis yang diterima oleh TribunJatim.com.

Baca juga: Banyuwangi Tanam Perdana Metode Agro Solution, Produktivitas Pertanian Digenjot Dua Kali Lipat

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved