Breaking News:

Berita Nganjuk

Disnakerkop Nganjuk Maksimalkan Aplikasi Simapkop, Permudah Pelaporan Administrasi Koperasi

Maksimalkan aplikasi Simapkop berbasis elektronik, jadi upaya Disnakerkop Nganjuk permudah pelaporan administrasi koperasi.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Kepala Disnakerkop UM Kabupaten Nganjuk, Supiyanto (tengah) saat berikan paparan dalam Bimtek pemanfaatan Simapkop dalam sistem pelaporan adminstrasi koperasi, Jumat (4/6/2021). 

Reporter: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakerkop UM) Kabupaten Nganjuk memaksimalkan penggunaan sistem informasi pengadministrasian koperasi (Simapkop) berbasis elektronik.

Hal itu sebagai langkah memaksimalkan pengawasan dan pelaporan administrasi koperasi di Kabupaten Nganjuk agar lebih efisien dan cepat.

Kepala Disnakerkop UM Nganjuk, Supiyanto mengatakan, tujuan bimtek tersebut agar para pengurus koperasi dapat menyajikan laporan keuangan dengan baik dan benar, serta sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

Tujuan lainnya yakni dalam upaya peningkatan kualitas laporan administrasi keuangan koperasi dan pengetahuan, serta wawasan bagi pengurus, pengawas maupun anggota koperasi.

"Itu sekaligus upaya pembelajaran kepada koperasi dalam administrasi dan pelaporan. Di mana transfer pengetahuan dalam pengadministrasian dan pelaporan keuangan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 07/2021. Pelaporan koperasi apapun bentuknya harus sampai di Kementerian Koperasi," kata Supiyanto, Jumat (4/6/2021).

Untuk itu, dikatakan Supiyanto, pelaporan administrasi keuangan koperasi itu bersifat wajib. Di dalam PP tersebut juga dinyatakan bahwa untuk pelaporan harus menggunakan sistem aplikasi. Salah satunya bisa dengan Simapkop yang telah disediakan Disnakerkop UM Kabupaten Nganjuk untuk koperasi di Kabupaten Nganjuk.

Baca juga: Dinkes Nganjuk Berupaya Selesaikan Vaksinasi Covid-19 pada Warga Lansia dan Kelompok Rentan

"Alhamdulillah sejak 2020 Disnakerkop UM Nganjuk telah menyediakan Simapkop yang terus dikembangkan lagi pada tahun 2021ini dengan menyediakan aplikasi Sistem Penantausahaan Administrasi Keuangan Koperasi (Sipenakop)," tandas Supiyanto.

Oleh karenanya, tambah Supiyanto, pihaknya berharap, baik Simapkop maupun Sipenakop dapat memudahkan para pengurus koperasi dalam membuat laporan yang transparan dan terbuka serta akuntabel.

"Ini dikarenakan semua kegiatan koperasi yang akan dilaporkan juga bisa diketahui oleh anggotanya demi kesejahteraan bersama," tutur Supiyanto.

Berita tentang Kabupaten Nganjuk

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved