Breaking News:

Berita Mojokerto

TPA Karangdiyeng Kembali Beroperasi, Bakal Libatkan Warga dalam Pengolahan Sampah Bernilai Ekonomi

TPA Karangdiyeng di Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto kembali dibuka. DLH pastikan aktivitas di sana memperhatikan dampak lingkungan sekitar.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Hefty Suud
TRIBUNJATIM.COM/MOHAMMAD ROMADONI
Sejumlah truk pengangkut sampah kembali beroperasi di TPA Karangdiyeng, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Jumat (4/6/2021). 

Reporter: Mohammad Romadoni | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Karangdiyeng di Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto akhirnya kembali dibuka, setelah berhenti beroperasi kurang lebih enam bulan lamanya.

Ini menyusul kesepakatan masyarakat setempat bersama Pemerintah Daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto yang memperbolehkan aktivitas pembuangan dan pengolahan sampah di TPA Karangdiyeng.

Masih ada sebagian warga yang menolak, namun sejumlah truk pengangkut sampah tetap beroperasi di TPA edukasi tersebut.

Petugas DLH dibantu pihak TNI/Polri dan Satpol PP dalam pengamanan sebanyak sembilan truk sampah yang kembali beroperasi di TPA Karangdiyeng, pada Jumat (4/6/2021).

Baca juga: Sampah Kubis Berserakan di Jalan Kali Pahit Bondowoso, Berbau Busuk, Petugas Lakukan Pembersihan

Kepala DLH Kabupaten Mojokerto, Didik Khusunul Yakin mengatakan, Pemerintah Daerah sekaligus Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati telah berupaya melakukan pendekatan masyarakat agar TPA Karangdiyeng dapat kembali beroperasi.

Berbagai upaya itu akhirnya membuahkan hasil akhirnya warga seteju namun dengan syarat meminta fasilitas pembenahan jalan dusun, PJU, kartu KIS bagi warga tidak mampu dan  sembako.

"Pertemuan bersama perwakilan masyarakat di sana akhirnya disepakati, TPA Karangdiyeng dapat dibuka kembali walaupun masih ada satu atau dua orang yang menolaknya," ungkap Didik, Jumat (4/6/2021).

Dia memastikan aktivitas pembuangan maupun pengolahan sampah di TPA Karangdiyeng yang dibangun dari anggaran APBD sekitar Rp 4,2 miliar tersebut akan memperhatikan dampak lingkungan di sekitarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved