Breaking News:

Berita Jatim

Gus Halim Berharap Pendataan Berbasis SDGs Rampung Bulan Juni

Pemerintah terus menggenjot program pendataan berbasis SDGs (Sustainable Development Goals di semua desa, termasuk di Sidoarjo. Data-data itu akan

Penulis: M Taufik
Editor: Januar Adi Sagita
Tribunjatim.com/ M Taufik
Menteri Desa Abdul Halim Iskandar saat di Pendopo, Sidoarjo 

Reporter: M Taufik | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Pemerintah terus menggenjot program pendataan berbasis SDGs (Sustainable Development Goals di semua desa, termasuk di Sidoarjo. Data-data itu akan menjadi acuran dalam program pemberdayaan desa.

Menurut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, sampai sekarang ini yang sudah masuk dalam sistem informasi desa sebesar 62,175 persen.

"Angka ini menunjukkan perkembangan yang signifikan. Dan kami berharap, akhir bulan JUni 2021 sudah selesai," kata Halim saat di Pendopo Sidoarjo, Minggu (6/6/2021).

Data-data terupdate yang telah masuk dan teregistrasi dalam naungan kementrian itu disebutnya sudah di angka 37.608 desa atau setara 50,17 persen.

Data tersebut diambil oleh Kementerian berdasar pada dua survey yang telah dilaksanakan. Yakni survey keluarga dan survey individu.

"Desa-desa yang telah menyelesaikan pendataan sebelum 1 juli 2021 tetap kita beri apresiasi. Kalau sekarang ini kita memberi penghargaan utama, nanti yg selesai sebelum 1 juli akan kita beri penghargaan madya. Memang di bawahnya, tapi tetap kita beri apresiasi," kata politisi PKB tersebut.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pembangunan terbaik adalah pembangunan yang dimulai dari hal terbawah. Dalam pembangunan nasional, yang paling bawah itu adalah Desa.

Baca juga: Alasan Utama Soeharto Makamkan Soekarno di Blitar, Megawati Sebut Keluarga Tak Setuju

“Pembangunan itu lebih bagus dan lebih baik ketika dimulai dari titik terbawah, yakni desa. Termasuk yang menjadi tujuan kita hari ini adalah data, sehingga semua pendataan harus dimulai dari desa," kata Muhlor.

"Termasuk salah satunya di bidang ekonomi, yakni tumbuhnya bumdes-bumdes yang ada di berbagai desa di Sidoarjo,” tambah bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor tersebut.

Dalam kesempatan itu, Menteri Halim Iskandar memberikan penghargaan kepada pelaku percepatan pendataan MDGs. Termasuk kepada Kepala Desa, Pendamping Lokal Desa dan Camat yang telah berperan aktif dalam pendataan SDGs.

Di Sidoarjo, ada sejumlah kepala desa, pendamping desa, dan beberapa camat yang mendapat penghagraan dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Penghargaan diserahkan langsung oleh Halim Iskandar di Pendopo Sidoarjo.(ufi)

Kumpulan berita Sidoarjo terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved