Breaking News:

Berita Surabaya

Haji 2021 Dibatalkan, Ratusan Calon Jemaah Haji Jatim Mulai Tarik Dana Pelunasan

Ratusan calon jemaah haji (CJH) yang gagal berangkat tahun ini mulai menarik pelunasan setoran dana haji. Mereka memilih mengambil kembali pelunasan d

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Ndaru Wijayanto
surya/sudarsono
Pemberangkatan haji di Tuban 2019 

Reporter: Nuraini Faiq I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ratusan calon jemaah haji (CJH) yang gagal berangkat tahun ini mulai menarik pelunasan setoran dana haji.

Mereka memilih mengambil kembali pelunasan dana naik haji itu di daerah masing-masing. 

"Ada sekitar ratusan yang menarik pelunasan haji di Jatim. Memang aturannya demikian. Karena tahun ini tak ada ibadah haji, dana pelunasannya bisa ditarik kembali," kata Plt Kepala Kanwil Kemenag Jatim M Nurul Huda, Minggu (6/6/2021).

Pengambilan dana pelunasan ini tidak menghapus mereka dari pemegang porsi haji. Mereka tetap sebagai pemilik porsi haji sesuai nomor porsi haji mereka. Tetap sebagai CJH yang memang berhak berangkat 2021.

Namun Huda menyampaikan bahwa yang bisa diambil adalah dana pelunasan setoran haji. Bukan dana pendaftaran haji. Setiap warga muslim yang hendak naik haji mendaftar lebih dulu dengan uang pendaftaran Rp 25 juta.

Dulu dikenal ONH (ongkos naik haji). Dengan dana setoran tersebut pendaftar berhak atas porsi haji sesuai urutan tahun.

Pada saat tahun keberangkatan, mereka wajib melunasi dana setoran haji menjadi sekitar Rp 35 juta-an, sesuai kurs rupiah.

"Namun jika diambil dana pelunasan itu, maka bila ada kenaikan saat pelunasan nanti juga ikut naik," kata Huda.

Pasca pembatalan keberangkatan haji 2021 seluruh Indonesia sangat terasa di Jatim. Salah satu daerah terbanyak pendaftar haji ini segera meredam dan menjaga suasana tetap kondusif.

Seharusnya ada 33.425 calon jemaah haji (CJH) yang 2021 ini terbang ke Tanah Suci.

Kemenag Jatim berusaha tetap membesarkan hati seluruh CJH Jatim agar tetap bersabar. Akan digelar sosialisai seluruh Kemenag Jatim setelah adanya pembatalan keberangkatan haji 2021.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) kabupaten dan kota seluruh Jatim akan menggelar rapat bersama Komisi 8 DPR. Rapat ini juga akan dilibatkan sejumlah Ormas Islam.

Kemenag Jatim juga segera mengembalikan paspor kepada jemaah. Paspor-paspor CJH itu akan segera dikembalikan ke kabupatan dan kota. 

"Selain itu, Bapak Ibu calon jemaah haji boleh mengambil pelunasan setoran haji. Pengambilan pelunasan setoran haji ini tidak ada batas waktunya," kata Huda.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved