Breaking News:

Berita Kota Batu

Komnas PA Terima Laporan Dugaan Eksploitasi Ekonomi di Sekolah SPI Kota Batu, Upah Tak Sepadan

Selain dugaan kekerasan seksual, Komnas PA juga menerima laporan dugaan eksploitasi ekonomi di Sekolah SPI Kota Batu.

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/SUGIHARTO
Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait (membelakangi kamera), menjelaskan laporannya ke Polda Jatim terkait dugaan pelecehan seksual yang terjadi di SMA SPI Kota Batu, Sabtu (29/5/2021). 

Reporter: Syamsul Arifin | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menerima laporan adanya dugaan eksploitasi ekonomi yang diterima oleh murid di Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) Kota Batu.

Para murid di sana diduga bekerja di sub unit usahanya dengan upah mulai Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu. Itu dalam bentuk tabungan. 

Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengatakan, upah ini tak sepadan dengan jam kerja para siswa yang cukup panjang. 

"Banyak sekali orang yang memberikan informasi eksploitasi ekonomi, jadi sebulan itu hanya Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu, diberikannya itu dimasukkan dalam tabungan. Jadi bukan per hari, tetap per bulan hanya Rp 100 sampai 500 ribu dalam bentuk tabungan," terang Arist, Minggu (6/6/2021). 

Arist menambahkan, dalam hal ini terlapor bisa dijerat pasal berlapis. Bahkan menurut Arist dapat dihukum maksimal dengan hukuman badan seumur hidup. 

Baca juga: Alumni Sekolah SPI Kota Batu Bercerita Pernah Mengalami Kekerasan, Apa yang Diberitakan Benar

"Terduga pelaku bisa dikenakan pasal berlapis, karena kelakuannya dia merupakan kejahatan, yang ancaman hukumannya sampai seumur hidup," tandasnya. 

Sebelumnya, Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait melapor ke Polda Jatim terkait dugaan pelecehan seksual terhadap anak yang diduga terjadi di SPI Kota Batu.

Arist Merdeka Sirait juga mengatakan, hingga Jumat (4/6/2021), sudah ada 40 orang yang mengadu menjadi korban melalui hotline, baik di Polda Jatim maupun Polres Batu.

Dari jumlah itu, belasan orang tersebut sudah menjalani pemeriksaan di Polda Jatim dan melakukan visum.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved