Breaking News:

Berita Surabaya

Spirit Bung Karno, Khofifah Sebut Komitmen Pemprov Jatim untuk Ketahanan dan Kedaulatan Pangan

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memaknai tepat 120 tahun hari kelahiran Proklamator Ir Soekarno.

istimewa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan pidato 

Reporter: Yusron Naufal Putra I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memaknai tepat 120 tahun hari kelahiran Proklamator Ir Soekarno.

Khofifah menyebutkan banyak pemikiran, langkah maupun tindakan politik yang menjadi teladan bagi masyarakat dari kiprah Bung Karno

"Presiden yang kecintaannya kepada tanah air Republik Indonesia salah satunya beliau wujudkan pada komitmen atas ketahanan pangan, perhatian terhadap kesejahteraan petani sebagai rangkaian dari perwujudan program ekonomi berdikari," kata Khofifah, Minggu (6/6/2021). 

Penguatan sektor pertanian sebagai ujung tombak ketahanan pangan Indonesia disebut menjadi bentuk perhatian Bung Karno terhadap nasib petani Indonesia. 

Dalam pemikiran Bung Karno, langkah negara untuk memuliakan kaum petani, kaum Marhaen dan menjadikan sektor pertanian, sebagai bagian penting dari strategi pembangunan semesta berencana adalah langkah utama untuk menerapkan praktik ekonomi berdikari. 

Menurut Khofifah, Provinsi Jawa Timur sebagai tempat kelahiran sekaligus tempat dimana Bung Karno di semayamkan akan terus berbenah dan berjuang meneruskan serta mengawal komitmen terhadap ketahanan dan kedaulatan pangan. 

Termasuk, nasib kaum petani dan marhaen, sebagai bagian penting dari kemandirian ekonomi Indonesia.

Sebagai bukti, Provinsi Jawa Timur menduduki peringat pertama penghasil padi terbesar di Indonesia. 

"Alhamdulillah, ini membuktikan program yang dijalankan ke semua kelompok tani mampu untuk terus meningkatkan produksi padi sesuai sasaran," ujarnya. 

Disisi lain, Pemprov Jatim meminta ke kabupaten kota untuk terus mengoptimalkan seluruh lahan pertanian di Jawa Timur, menjaga petani tetap berproduksi dengan cara diberikan bantuan sarana dan prasarana pertanian seperti benih dan saprodi. 

Khofifah juga secara khusus menyampaikan terima kasih kepada semua petani di Jawa Timur, yang meskipun di tengah pandemi, masih berusaha maksimal untuk memberikan yang terbaik bagi Jatim dengan terus meningkatkan produksinya. 

"Bersama para petani, provinsi Jawa Timur yang juga menjadi tanah lahir Bung Karno akan terus menjaga semangat Bung Karno untuk mewujudkan kedaulatan pangan Indonesia," ucap Khofifah.

Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved