Breaking News:

Berita Sidoarjo

Sidoarjo juga Bersiap Menangani Lonjakan Covid-19

Melonjaknya kasus penyebaran Covid-19 di Bangkalan Madura dan beberapa daerah lain, membuat sejumlah wilayah ikut melakukan antisipasi. Termasuk

Penulis: M Taufik
Editor: Januar Adi Sagita
Tribunjatim.com/ M Taufik
Suasana tempat isolasi pasien covid-19 di Hotel Delta Sinar Mayang Sidoarjo 

Reporter: M Taufik | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJOMelonjaknya kasus penyebaran Covid-19 di Bangkalan Madura dan beberapa daerah lain, membuat sejumlah wilayah ikut melakukan antisipasi. Termasuk Kabupaten Sidoarjo yang langsung bergerak menyiapkan sejumlah hal, mengantisipasi lonjakan Covid-19. 

“Pergerakan warga sudah cukup tinggi, sehingga segala kemungkinan perlu kita antisipasi. Termasuk terjadinya lonjakan di Bangkalan, juga kita harus mengantisipasi,” kata Athoilah, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Sidoarjo, Senin (7/6/2021).

“Kami tidak berharap, dan semoga jangan sampai terjadi lonjakan di Sidoarjo. Namun, segala kemungkinan tetap harus kita antisipasi. Supaya sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita bisa melakukan penanganan dengan cepat,” lanjutnya. 

Upaya yang dilakukan adalah dengan menyiapkan sejumlah rumah sakit rujukan. Terhitung ada sebelas rumah sakit yang sejak beberapa waktu lalu menjadi rujukan pasien Covid-19 di Sidoarjo, kembali dikordinasi agar tetap standby spanjang waktu. 

“Ada 11 rumah sakit rujukan covid-19 di Sidoarjo, tiga di antaranya sudah punya PCR. Dan semua rumah sakit sudah kita kordinasi, siap melakukan penanganan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Namun sekali lagi kami juga berharap jangan ada lonjakan di Sidoarjo,” ujar Atok.

Selain rumah sakit, pihaknya juga melakukan persiapan di tempat isolasi mandiri. Yakni Hotel Sinar Mayang yang selama ini memang difokuskan untuk penanganan pasien tanpa gejala atau OTG. 

Pihaknya berpesan, masyarakat harus tetap taat dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Meski sudah divaksin, protokol kesehatan harus tetap dijalankan. Karena itu menjadi jurus utama dan paling ampuh menghindari penularan Covid-19.

Baca juga: Soekarno Gagal Kabur Saat Soeharto Berkuasa, Pengawal Sebut Akibat 1 Hal hingga Pesan untuk Megawati

“Untuk masyarakat yang belum divaksin, utamanya lansia, silakan datang ke puskesmas terdekat. Vaksin sudah tersedia, dan bisa langsung dilayani di masing-masing puskesmas,” ungkap dokter Atok. 

Di Sidoarjo penyebaran covid-19 terbilang sudah sangat landai. Pantauan di tempat isolasi Hotel Sinar Delta Mayang, tercatat hanya ada 16 orang pasien. Dari sekira 30 ruangan, baru terpakai sekira delapan ruangan saja, masih banyak yang kosong. 
“Jika diperlukan, kita bisa menambah sampai 60 sehingga totalnya bisa sekira 120 bed atau lebih. Namun, kami juga tidak berharap ada penambahan. Harapan kami tidak ada lagi pasien masuk,” kata dokter Andri Subiakso, Penanggungjawab tempat isolasi Hotel Delta Sinar Mayang.
Selama ini, yang dirawat di tempat isolasi itu bukan hanya warga Sidoarjo saja. Kemarin ketika ada penyekatan mudik Lebaran Idul Fitri, warga dari luar daerah yang mudik dan dinyatakan positif juga dibawa ke tempat isolasi ini.(ufi)

Kumpulan berita Sidoarjo terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved