Breaking News:

Berita Trenggalek

Sinkronkan Program di Kota Blitar, DPRD Usulkan Raperda Inisiatif

DPRD Kota Blitar mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perencanaan dan Penganggaran Daerah.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Yoni Iskandar
Surya/samsul hadi
Suasana rapat paripurna penyampaian Raperda inisiatif tentang Perencanaan dan Penganggaran Daerah di gedung DPRD Kota Blitar, Senin (7/6/2021). 

Reporter : Samsul hadi | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - DPRD Kota Blitar mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perencanaan dan Penganggaran Daerah.

Raperda inisiatif DPRD itu diharapkan bisa mensinkronkan pokok pikiran antara legislatif dan eksekutif dalam merencanakan program-program di Kota Blitar.

Perda inisiatif dewan itu disampaikan dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota Blitar, Senin (7/6/2021).

Juru Bicara Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Blitar, Nuhan Eko Wahyudi mengatakan Raperda inisiatif ini intinya untuk mensinkronkan proses perencanaan program di Kota Blitar.

Sebab, kata Nuhan, sering kali pokok pikiran DPRD tidak tercantum dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

"Dengan Raperda itu, harapannya pokok pikiran DPRD dari hasil menjaring aspirasi masyarakat bisa tertampung di RKPD. Selama ini, usulan di RKPD paling banyak dari OPD," kata politikus PPP itu.

Selama ini, menurut Nuhan, belum ada aturan yang sifatnya memaksa atau mewajibkan menampung pokok pikiran DPRD dalam pembahasan RKPD.

"Selama ini hanya mengacu aturan Kemendagri. Dan di aturan Kemendagri tidak menyebutkan secara khusus harus menampung pokok pikiran dewan dalam pembahasan RKPD," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Batal Berangkat Tahun Ini, 86 CJH Asal Kota Blitar Tetap Jadi Prioritas di Ibadah Haji Berikutnya

Ketua DPRD Kota Blitar, Syahrul Alim mengatakan Raperda inisiatif tentang Perencanaan dan Penganggaran Daerah merupakan turunan dari aturan Kemendagri.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved